Mitos 3: Pria Tidak Diciptakan Untuk Monogami

mitos pernikahan

“Dasar MATA BUAYA!!!” demikian amarah Shelly kepada Boim yang tertangkap basah mengerlingkan matanya ke arah seorang wanita cantik yang berjalan melewati mereka.

Boim adalah seorang pria berusia 37 tahun yang sudah menikahi Shelly selama 10 tahun. Ia sangat mencintai Shelly dan bukanlah seorang playboy. Ia selalu setia pada cintanya sejak dari ia mulai berpacaran dengan Shelly. Ia tidak pernah berpaling pada wanita lain.

Tetapi seperti layaknya pria lainnya, Boim juga tidak bisa tidak melihat saat ada seorang wanita aduhai lewat. “Apa yang salah dengan melihat?” demikian katanya, “Toh aku tidak akan mengencani wanita itu”

Baca juga: Pulih dari Perselingkuhan Emosi

Konflik seperti ini tidak jarang menghiasi hari-hari bersama suami dan istri. Secantik apa pun Anda sebagai istri, suami Anda tetap saja melihat dan bahkan mengagumi wanita cantik lain. Anda jadi kesal, dan Anda mulai merasa Anda tidak cantik lagi.

Ilustrasi: freepik

Pria Selalu Tertarik Kepada Wanita Cantik

Masalahnya terletak pada pria ternyata sangat tertarik dengan kecantikan dan kemudaan. Berbagai penelitian yang dilakukan mengenai apa yang menarik bagi pria memberikan hasil yang konsisten bahwa pria tertarik dengan keindahan fisik (physical attraction). Hal ini berbeda dengan wanita yang lebih kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa preferensi wanita akan pria seringkali individual dan berbeda-beda setiap orang.

Adalah suatu kenyataan bahwa seorang pria yang memiliki hubungan yang harmonis dan istri yang sangat cantik serta memiliki daya tarik seksual yang kuat pun ternyata dapat tertarik dengan wanita lain bahkan hingga jatuh hati kepada wanita lain tersebut (anehnya terkadang wanita lain yang menjadi idamannya itu kurang menarik dibandingkan dengan istrinya).

Suami baik-baik bisa jatuh cinta dengan wanita lain, lantas banyak pria mulai berpikir bahwa secara biologis seorang pria tidak didesain untuk hanya puas dengan 1 wanita saja. Atau dengan kata lain pria tidak diciptakan untuk menjadi seorang monogami. 

Mengapa Hal Ini Adalah Mitos?

Sebelum saya lanjutkan, saya ingin menjelaskan bahwa apa yang dibahas dalam artikel ini bukanlah upaya untuk membahas secara agamawi atau kepercayaan, tetapi pembahasan secara ilmiah dan logika saja. Jadi apabila Anda meyakini poligami sebagai ajaran agama, itu sepenuhnya merupakan hak dan keputusan bebas Anda.

Kembali ke laptop….

Pria tidak diciptakan untuk menjadi seorang monogami adalah mitos, mengapa? karena hasil penelitian menyatakan bahwa ternyata PRIA maupun WANITA sama-sama memiliki kemampuan untuk mencintai LEBIH dari 1 orang dalam waktu yang sama (Power of Commitment, Scott M. Stanley, 2005). Karena itu, kalau tesisnya adalah Pria tidak diciptakan monogami, berarti wanita pun demikian.

Baca juga: Mitos 2: Pria dari MARS Sedangkan Wanita dari VENUS

Pria lebih banyak yang selingkuh… benar, tapi itu dahulu waktu sebagian besar wanita masih menjadi ibu rumah tangga dan tidak bekerja di kantor. Saat ini di Amerika Serikat, jumlah perselingkuhan wanita ternyata sedikit lebih tinggi dibandingkan denga pria. Ternyata saat tenaga kerja wanita pun memasuki dunia perkantoran, penyakit selingkuh pun mulai menular pada mereka.

Mitos Pernikahan
Ilustrasi: This Means War

Cerita mengenai seorang wanita dapat jatuh cinta kepada lebih dari 1 orang pria dalam waktu yang sama diceritakan dengan jenaka dan apik dalam film This Means War. Dalam film tersebut, 2 orang agen CIA: Franklin FDR Foster (Chris Pine) dan Tuck Hansen (Tom Hardy) sama-sama mengencani (termasuk melakukan hubungan intim) wanita yang sama bernama Lauren Scott (Reese Witherspoon). Lauren jatuh hati pada keduanya dan sulit untuk memilih satu di antara mereka berdua. Akhirnya memang Lauren memilih salah satu dari mereka untuk menjadi tambatan hatinya.

 

Maka Scott Stanley, seorang peneliti dan konselor pernikahan, lebih lanjut menjelaskan bahwa yang jadi problem dalam perselingkuhan bukanlah biologis pria maupun wanita, melainkan 1 kata ini: KOMITMEN.

Kita akan membahas mengenai komitmen dalam kelas online pernikahan Pembelajar Hidup yang akan datang.

 

Kembali ke 5 Mitos Pernikahan yang Penting untuk Anda Ketahui.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Seorang Pembelajar Hidup, Professional Life Coach, dosen, dan penulis, yang berkesempatan mengecap pendidikan dari Dr. James Dobson School of Marriage & Family
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anda pun dapat bertanya kepada kami seputar masalah cinta/relasi/pasutri dan parenting! Isilah form berikut ini:

  1. Kami tidak akan pernah memberikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain.
  2. Keputusan untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya berada pada Pembelajar Hidup. Kami mengambil keputusan berdasarkan relevansi, kesesuaian pada misi kami serta pada kompetensi kami.
  3. Mengingat kesibukan kami, kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

seminar online how not to be an instant parent

Bagaimana pendapat Anda?