Pilih Universitas Terbaik atau Jurusan Paling Disukai?

pilih kampus atau pilih jurusan

Apakah lebih baik masuk universitas prestisius tapi jurusannya kurang bagus (tidak sesuai passion, dll) atau masuk universitas “antah berantah” tapi dengan jurusan yang bagus?

Tergantung jurusan yang dipilih dan tergantung universitas antah berantah mana yang Anda maksudkan.

Setelah 20 tahun berkarir, saya menemukan ada banyak lulusan non-IT dari univ prestisius yang dihire menjadi ahli TI di perusahaan besar. Demikian juga dengan pekerjaan-pekerjaan lain yang menghire jurusan yang tidak sejalur tapi dari universitas ternama.

Baca juga: Mengapa Kuliah itu Penting?

Penyebabnya adalah budaya pembelajaran di universitas prestisius berbeda dengan universitas antah berantah. Budaya itu memaksa para mahasiswa di universitas prestisius untuk mempunyai pola pikir yang kritis dan analisis yang cenderung lebih baik daripada di universitas antah berantah. Mahasiswa dari universitas ternama juga relatif lebih memiliki semangat belajar yang tinggi.

Inilah menjadi modal dasar para mahasiswa itu untuk dapat bekerja di bidang di luar jurusannya hanya karena dia lulusan universitas ternama, plus tentunya ia harus memiliki IPK di atas 3.

Tetapi benar bahwa passion yang Anda miliki itu sangat penting, karena ketika kita mempelajari ilmu yang tidak kita suka, kita menjadi asal kuliah dan pencapaian kita tidak akan bagus-bagus amat atau yang sering disebut mediocre doang. Kalau Anda yang ingin sukses secara gemilang, hal ini bisa (saya tidak mengatakan pasti) menghambat Anda, sekalipun Anda kuliah di universitas prestisius.

Walaupun sudah sesuai dengan passion, kuliah di universitas antah berantah juga memiliki resiko terburuk, yaitu sudah membayar mahal (walaupun lebih murah daripada universitas terbaik), sudah menginvestasikan waktu 4 tahun yang berharga, tetapi Anda tidak jadi apa-apa, karena yang diajarkan kurang berbobot, dosen-dosen yang kurang kompeten, atau kurang mendidik mahasiswa untuk bisa berkembang di kemudian harinya.

lulusan universitas ternama

Rule utama dalam pendidikan adalah, “to be the best, you must hire the best teacher“. Dengan kata lain Anda harus mengusahakan agar dapat tempat kuliah no. 1 dalam bidang yang Anda pilih. Tapi tatkala hal ini tidak mampu Anda wujudkan, Anda tidak perlu berkecil hati karena untuk sukses Anda tidak harus selalu berada di universitas no. 1.

Malcolm Gladwell dalam buku Outliers memaparkan betapa daftar universitas dari orang-orang penerima Nobel dipenuhi oleh universitas-universitas yang bukan merupakan grade A (Top universities). Singkatnya dari pemaparan beliau, untuk bisa sukses, Anda tidak harus berada dalam universitas grade A, tetapi Anda bisa memilih universitas dengan grade B, yang merupakan kampus yang cukup baik dari sisi pendidikan dan berjuang keras untuk menjadi yang terbaik di sana.

So, menyimpulkan dari pemaparan saya, kalau Anda bisa, usahakan mendapatkan jurusan yang Anda sukai dan universitas terbaik dalam bidang tersebut, tetapi kalau tidak, usahakan mendapatkan kampus yang cukup baik dalam bidang tersebut dan berjuang menjadi yang terbaik di sana.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?