Bagaimana Cara Membangun Mental yang Kuat?

mental yang tangguh

Ini adalah topik yang sangat menggoda saya, karena para ahli menemukan bahwa ketanggguhan mental adalah karakteristik psikologis yang paling penting dalam mencapai kinerja yang excellence, lebih daripada kemampuan diri kita secara fisik.

Jawaban terhadap pertanyaan ini bisa dibahas secara mendalam, sehingga saya mencoba membahasnya dalam sebuah buku yang sedang saya persiapkan. Semoga bisa saya tuntaskan tahun ini.

Baca juga: Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa dengan Prinsip MAP

Namun jawaban secara singkat untuk memiliki mental yang kuat Anda harus memiliki:

  1. Energi mental yang cukup untuk menjadi tangguh
  2. Fokus, karena sebesar apa pun energi Anda, tetap saja memiliki limit. Anda harus fokuskan kekuatan anda itu untuk bisa tetap berdiri saat teman-teman Anda berguguran.
  3. Support system. Kekuatan mental bukan hanya tentang memiliki kekuatan/energi yang besar untuk bertahan, tetapi tentang seberapa banyak Anda recharge diri Anda, dan seberapa banyak resource yang Anda punya untuk menjaga energi mental Anda.

 

Dari mana energi mental bisa Anda miliki? Jawabannya adalah dari

  1. Motivasi. Motivasi Anda dapat ditingkatkan dengan M.A.P. yaitu Mastery (kompetensi), Autonomy (otonomi) dan Purpose (tujuan/makna). ulasannya sebagian dapat dibaca di sini https://www.pembelajarhidup.com/blog/self-improvement/motivasi-diri-yang-powerful-dengan-prinsip-map/
  2. Mindset. Beberapa mindset yang dapat membantu adalah hope mindset (“segalanya akan menjadi lebih baik nantinya”), growth mindset (“saya akan bisa berhasil kalau saya terus berusaha”), dan winner mindset (“saat ini saya boleh gagal, tapi besok saya akan berhasil”)
  3. Pengalaman kesulitan dan kegagalan yang melatih Anda push to limit, sehinggga memampukan Anda menghadapi badai di depan.

fokus

Fokus, adalah bicara tentang memilih prioritas yang penting yang dibutuhkan, tidak memiliki fokus tujuan terlalu banyak dalam satu waktu dan menyingkirkan distraksi-distraksi yang dapat menguras energi mental Anda. Tidak ada gunanya Anda punya begitu banyak energi mental kalau Anda menghambur-hamburkannya dengan berbagai kegiatan dan permasalahan yang tidak relevan dengan tujuan Anda.

Sedangkan support yang dibutuhkan terdiri dari:

  1. OMIT: Olah Raga, Makan sehat, Istirahat yang cukup dan Tuhan (beribadah/meditasi). Ini yang perlu Anda lakukan untuk memiliki tubuh dan jiwa yang sehat untuk menghadapi rintangan
  2. Relasi: dengan pasangan, dengan keluarga lainnya, dan dengan teman dan sahabat. Setiap orang yang tangguh tidak pernah berjalan seorang diri, ia selalu memiliki orang-orang di sekitarnya yang terus mendukungnya.

 

Untuk mendapatkan dukungan yang kuat dari orang sekitar kita sendiri, kita harus memiliki karakter yang berintegritas, dapat diandalkan, serta mau mendengar dan memahami orang lain.

Memiliki kekuatan mental itu ternyata tidak sulit karena ada banyak cara untuk mencapainya, tetapi memiliki mental yang benar-benar tangguh sehingga Anda bisa menjadi pemenang, itu membutuhkan banyak upaya dan pengorbanan untuk bisa melatihnya.

Salam pembelajar.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?