Rutinitas ini Penting Dilakukan Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Gereget jatuh cinta memang akan padam cepat atau lambat (penjelasan lebih lengkap ada di posting ini: Tips Menghadapi Suami yang Kurang Perhatian), namun bukan berarti pernikahan kita juga cepat atau lambat akan berakhir. Tetapi setiap pernikahan akan bertahan jika kita terus mengusahakannya. Salah satu upaya untuk mengusahakan pernikahan adalah dengan secara rutin memupuk keintiman pasutri.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Perlu Mendukung Kesehatan Pernikahan Karyawannya?

Tentunya ada banyak hal yang dapat dilakukan secara rutin untuk menjaga keharmonisan rumah tangga kita. Hal-hal berikut dapat memberikan ide yang berlimpah tentang rutinitas apa yang bisa dilakukan:

1. Mendengarkan aktif. Menurut Stephen Covey,

     Manusia mendengar bukan untuk memahami. Kita mendengar untuk menjawab.

Inilah yang seringkali menjadi problem dalam rumah tangga yang sudah lama. Stres dan keletihan yang kita alami setiap hari membuat kita tidak mampu menyediakan waktu untuk mendengarkan dengan baik. Kita ingin instant membantu pasangan kita dengan solusi, padahal istri kita tidak butuh solusi, hanya butuh didengarkan. Suami kita dapat merasa tersinggung saat kita memberikan solusi, karena ia juga sebenarnya hanya butuh didengarkan. Mendengarkan yang baik adalah mendengarkan aktif, di mana kita mendengarkan untuk memahami, dengan cara meminta konfirmasi, mengakui emosi, mengulangi perkataannya (parafrase), memberikan dukungan dan berdiam pada saat yang tepat.

2. Gunakan 8 sarana keintimanKita perlu melakukan berbagai hal bersama-sama untuk membangun keintiman. Ada setidaknya 8 sarana yang dapat kita gunakan:

  1. Rekreasi (traveling, board games, kuliner, shopping, dll)
  2. Intelektual (membahas topik tertentu, tukar pikiran, menceritakan pendapat, dll)
  3. Spiritual (berdoa bersama, mendengarkan kotbah/khotib bersama, ibadah bersama, dll)
  4. Estetika (ke museum, menikmati alam, menikmati karya seni musik, lukisan, dll)
  5. Kesehatan (body goal together, diet bersama, lari pagi, maraton, dll)
  6. Kreativitas (masak bersama, membuat DIY, berbagai ketrampilan/menghias bersama)
  7. Krisis (menjalani kesulitan dengan bergandengan tangan bersama)
  8. Seks

kiat menjaga keharmonisan rumah tangga

3. Lakukan hal-hal kecil namun berarti untuknya. Sekali-kali teleponlah dari kantor menanyakan keadaannya atau apa yang ia makan siang tadi. Buatkan/belikan makanan kesukaannya. Walaupun ada pembantu, sesekali semirlah sepatunya. Hal yang sesepele menemani dia duduk di sebelahnya tanpa melakukan apa pun terkadang sangat berarti baginya.

4. Penuhi kebutuhan bahasa cintanya. Upayakan untuk mengetahui bagaimana ia merasa dicintai. Menurut Gary Chapman, ada 5 bahasa cinta manusia: kata-kata yang pujian, sentuhan, hadiah, quality time dan pelayanan. Arahkan hal-hal kecil yang Anda lakukan untuknya tadi kepada hal-hal yang paling membuatnya merasa dikasihi.

5. Ikuti resep pernikahan hebat berikut:

  • 15 menit sehari, percakapan intim
  • 3 x sehari, pelukan hangat
  • 1 x seminggu, seks yang dipersiapkan
  • 1 x sebulan, kencan ekslusif berdua
  • 1 x setahun, berlibur berdua ke luar kota

Saat kita mencoba melakukan 5 hal di atas, kita akan menemukan bahwa kunci dari menjaga keintiman ada pada 3 hal ini: waktu, waktu dan waktu. Dalam relasi kita dengan istri/suami kita, quality time bagaimanapun tidak dapat mengalahkan quantity time. Maka hargai tiap detik waktu bersama dengan kekasih hati kita.

     Keharmonisan rumah tangga adalah akibat dari keintiman. Keintiman adalah akibat dari menyediakan waktu untuk pasangan. Waktu selalu akan tersedia saat kita memprioritaskan rumah tangga kita.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?