Menjadi Tangguh dengan 5 Tips Kreatif yang Bermanfaat Ini!

berpikir kreatif

Ketangguhan seseorang tergantung dari seberapa baik ketrampilan berpikir kreatif yang dimiliki seseorang. Dalam kondisi pandemi yang tidak kunjung usai ini, ketangguhan adalah suatu keniscayaan yang dibutuhkan setiap orang. Ketrampilan berpikir kreatif memang salah satu unsur dari rumus ketangguhan= energi x %fokus x ketrampilan x dukungan.

Namun berbeda dengan pemikiran logis dan analitis, pemikiran kreatif membutuhkan pemikiran yang out of the box. Salah satu teknik untuk berpikir out of the box ini adalah dengan menggunakan apa yang disebut dengan attribute listing.

Baca juga: Mengapa Motivator Dibayar Mahal?

Teknik Attribute Listing

Teknik Attribute Listing adalah memecahkan masalah dengan membagi masalah ke dalam atribut-atribut yang berbeda, dan mencari ide-ide segar dari berbagai atribut tersebut. Atribut yang bisa digunakan misalnya:

  • Atribut fisik: bentuk, warna, suara, rasa, lokasi, ukuran, tingkat kekerasan
  • Atribut sosial: tanggung jawab, etika, ekologi, mitos, otoritas
  • Atribut proses: marketing, penjualan, produksi, belajar, pemetaan
  • Atribut psikologis: kebutuhan, motivasi, emosi
  • Atribut fungsi: memeriksa, merekatkan, melindungi, memperbaiki

Memisahkan dan mendetailkan masalah ke dalam atribut-atributnya membantu kita melihat berbagai sisi dari masalah dan mencoba memecahkannya dari perspektif yang berbeda.

4 Tips Lain Berpikir Kreatif

Selain dengan teknik di atas, ada 4 tips yang dapat Anda gunakan untuk berpikir kreatif, yaitu:

  1. Galilah segala kemungkinan pemecahan masalah tanpa ada batasan dan penghakiman. Tuliskanlah pilihan-pilihan tersebut, bahkan kalau itu terdengar bodoh atau merupakan ide yang gila. Pada penggalian ini jangan batasi diri Anda dengan keterbatasan yang ada seperti uang, sumber daya, waktu dan lainnya, tuliskanlah semua ide yang muncul.
  2. Pikirkanlah bagaimana kalau Anda mengambil keputusan yang berlawanan dengan segala ide yang telah dituliskan tersebut?
  3. Cobalah melihat masalah tersebut dari perspektif orang lain, khususnya yang berbeda pendapat dengan Anda. Bagaimana cara mereka memecahkan masalah ini?
  4. Take a break. Berhentilah memikirkannya. Upayakan agar diri kita rileks. Jalan-jalanlah ke luar ruangan, atau Anda juga dapat mendengarkan musik, melakukan meditasi, atau menonton film komedi. Hal ini seperti Archimedes yang menemukan prinsip gaya apung dalam air justru pada saat ia berhenti berpikir dan mandi. Atau Paul McCartney yang menuliskan lagu “Yesterday” setelah ia bangun dari tidurnya. Albert Einstein, sang genius pun mendapatkan ide-ide terbaiknya saat ia lepas dari kehidupan sehari-hari, pergi berlayar dan tidak melakukan apa pun.

 

Masih setidaknya ada 2 teknik lagi yang dapat digunakan untuk berpikir kreatif, yaitu teknik forced connection dan teknik SCAMPER. Keduanya dapat dibaca dalam buku TANGGUH: 4 Rahasia yang Jadikan Anda Tak Terkalahkan.

Selamat mencoba dan salam pembelajar tangguh!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Marriage coach & counselor, life coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana pendapat Anda?