Sejak Kapan Membuat Resolusi Tahun Baru Menjadi Tradisi?

agama babilonia kuno

Resolusi Tahun Baru menurut Wikipedia adalah suatu ketetapan hati dari seseorang untuk mengubah sifat atau tingkah laku yang buruk, atau untuk mencapai suatu tujuan pribadi atau untuk meningkatkan hidup mereka. Darimana hal ini berasal? Ternyata asal mulanya bisa ditarik dari 4000 tahun yang lalu di daerah Timur Tengah.

Baca juga: 

Sejarah mengatakan bahwa orang Babilonia adalah bangsa yang pertama kali membuat resolusi tahun baru, 4000 tahun yang lalu. Pada penggantian tahun itu yaitu sekitar bulan Maret, mereka akan memahkotai raja baru, atau menyatakan kesetiaan pada raja yang sedang memerintah. Mereka juga berjanji pada allah mereka untuk membayar hutang mereka dan akan mengembalikan barang-barang yang dipinjam dari orang lain.

Ribuan tahun setelah itu, Julius Caesar, Kaisar Romawi menetapkan tanggal 1 Januari sebagai awal tahun baru (sekitar 46 SM) dan menamakan bulan pertama sesuai dengan nama dewa yang bermuka dua yaitu Janus. Orang Romawi percaya bahwa Janus melihat ke belakang ke tahun sebelumnya dan sekaligus ke depan ke masa depan. Maka orang Romawi pun mempersembahkan korban pada dewa dan membuat janji untuk berperilaku baik di tahun berikutnya.

Puluhan tahun kemudian, orang-orang Kristen mula-mula menggunakan tahun baru sebagai tradisi untuk berpikir tentang kesalahan-kesalahan di masa lalu dan bertekad untuk melakukan yang lebih baik di masa depan. Tapi pada 1740, pendiri aliran Methodist, John Wesley-lah yang mempopulerkan suatu tradisi untuk mengadakan Covenant Renewal Service (kebaktian pembaharuan perjanjian) yang diadakan pada malam tahun baru atau pagi di hari pertama tahun baru. Dari sini tradisi resolusi tahun baru merebak ke kalangan Kristen lain dan kemudian mendunia.

Walaupun tradisi membuat resolusi tahun baru berasal dari kalangan religius, namun saat ini kebanyakan resolusi tahun baru dibuat tanpa ada kaitannya dengan Tuhan. Sebuah riset menunjukkan bahwa ada 45% rakyat Amerika yang membuat resolusi tahun baru tetapi hanya 8% yang berhasil menjalankannya. Ini memberikan pertanyaan, apa yang harus dilakukan agar resolusi tahun baru seperti ini bisa berhasil dilakukan? Silakan membaca artikelTips Sukses Mewujudkan Resolusi Tahun Baru Anda

Sumber: History Channel dan Wikipedia

Bagikan:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
seminar reaching your maximum potential

Bagaimana pendapat Anda?