Tips Sukses Mewujudkan Resolusi Tahun Baru Anda

new year eve

Menurut suatu studi, 45% orang Amerika membuat resolusi tahun baru setiap tahun, namun hanya 8% yang berhasil mencapainya. Apa yang harus dilakukan untuk bisa mewujudkan resolusi tahun baru Anda? Berikut ini adalah 4 tipsnya yaitu: SMART, Share, Small, Surveillance.

Baca juga: Seminar Resolusi Tahun Baru 2019

1. Buatlah Resolusi Tahun Baru yang SMART

Pada prinsipnya kita harus membuat resolusi yang SMART: Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Time-bound.

Specific maksudnya jelas, detail, rinci. Misalnya jika dikatakan resolusinya adalah “menurunkan berat badan” ini bukan merupakan resolusi yang jelas. Yang jelas dan detail misalnya “menurunkan berat badan 10 kg”.

Measureable maksudnya dapat terukur. Contohnya, apabila resolusinya adalah “berbuat baik bagi sesama”, seberapa banyak (kuantitas) perbuatan baik, atau sebaik apa perbuatan tersebut (kualitas) yang dikatakan berhasil? Dan bagaimana cara mengukurnya? Maka suatu resolusi yang baik perlu menambahkan angka kuantitas maupun kuantitas yang menjadi targetnya. Misalnya “memberi makan 10 pengemis setiap hari).

Achievable maksudnya dapat dicapai. Membuat resolusi sebaiknya realistis dan dapat dicapai pada kurun waktu tertentu yang menjadi targetnya. Dalam hal ini kita harus melihat modal/aset/kemampuan yang kita miliki saat ini, apakah memungkinkan untuk digunakan atau diimprove untuk bisa mencapai resolusi tersebut?

Relevant. Resolusi kita harus relevan dengan visi pribadi kita serta kondisi lingkungan. Tentunya kita tidak dapat menjalankan resolusi kita apabila resolusi yang kita pilih tidak sesuai dengan lingkungan kita. Misalnya jika pekerjaan kita adalah akuntan, dan visi kita untuk menjadi akuntan no 1 di Jakarta, maka tidak relevan jika kita memiliki resolusi untuk membangun taman bacaan bagi anak-anak. Sekalipun jika Anda mampu dan ingin mewujudkan hal tersebut, tapi resource tenaga dan waktu yang Anda gunakan untuk mewujudkannya bisa membatasi bahkan menghalangi Anda mencapai visi pribadi Anda.

Time-bound. Batasi waktu untuk mencapai resolusi tersebut. Dalam konteks resolusi tahun baru time framenya sudah jelas 1 tahun. Tetapi kita masih boleh membuat target khusus misalnya per Agustus 2018 sudah tercapai.

2. SHARE Resolusi Tahun Baru Anda kepada Orang Lain

Resolusi tahun baru yang sudah Anda putuskan memang untuk diri Anda sendiri. Tapi manusia itu lemah. Kita akan dengan mudah memaafkan diri kita dan cheating (berbuat curang) tatkala kita merasa resolusi itu terlalu sulit dengan menggantinya dengan yang mudah di tengah jalan.

Karena itu adalah hal yang sangat efektif membantu diri Anda sendiri jika Anda men-share resolusi tahun baru Anda kepada orang lain, minimal orang yang paling dekat dengan Anda, yaitu suami/istri Anda atau sahabat baik Anda. Mereka akan menjadi teman akuntabilitas Anda yang membantu Anda mewujudkan resolusi Anda tersebut.

Jika Anda orang yang ekstrovert dan terbuka, Anda juga bisa membagikan resolusi tahun baru Anda melalui media sosial seperti FaceBook atau Instagram, atau bahkan melalui vlog.

3. Jabarkanlah Resolusi Tahun Baru Anda menjadi SMALL Task (Tugas-Tugas Kecil)

Resolusi tahun baru sudah Anda buat. Anda juga sudah membagikan kepada orang lain mengenai resolusi tersebut. Tugas berikutnya adalah bagaimana atau apa langkah-langkah kecil yang perlu Anda lakukan untuk mencapai resolusi tersebut. Kalau resolusinya adalah memperbaiki hubungan dengan suami/istri, maka beberapa langkah yang harus dilakukan misalnya:

 

Suatu SMART goal hanya dapat dicapai bila kita mampu menjabarkan tujuan itu ke dalam tugas-tugas atau workplan yang mendetail seperti di atas. Setelah itu, rencanakanlah, kapan Anda akan melakukan tugas-tugas detail tersebut.

evaluasi resolusi tahun baru

4. Lakukan SURVEILLANCE (Monitoring) Secara Berkala untuk Resolusi Anda

Resolusi Anda hanya akan menjadi kenang-kenangan yang tak berarti jika kita tidak pernah melakukan monitoring dan evaluasi akan rencana-rencana kegiatan yang telah kita buat. Kita perlu diingatkan secara berkala, dan perlu mengevaluasi kegiatan-kegiatan apa yang berhasil dan mana yang gagal membantu mewujudkan resolusi kita.

Karena sukses itu sederhana, lakukan apa yang berhasil dan buang atau modifikasi apa yang gagal.

 

Itulah 4 Tips sukses mewujudkan resolusi tahun baru Anda: SMART, share, small dan surveillance.

    Karakter adalah kemampuan untuk menjalankan resolusi yang baik setelah momen yang menyenangkan berlalu” – Cavett Robert

Saya Deny Hen, salam pembelajar!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Seminar 10 Checklist Persiapan Diri untuk Menikah

Bagaimana pendapat Anda?