Mengapa Kita Perlu Membuat Resolusi Tahun Baru?

resolusi tahun baru

Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar orang Amerika berusia di bawah 45 tahun membuat resolusi tahun baru, tapi hanya 28% orang di atas usia 45 yang melakukannya. Sebenarnya apakah penting untuk membuat resolusi tahun baru itu, dan mengapa kita perlu membuatnya?

Baca juga: 3 Pertanyaan Motivasi Diri Untuk Kesempatan Emas

Saya melihat setidaknya ada 3 alasan mengapa kita perlu membuat resolusi tahun baru setiap tahunnya:

1. Tetap Fokus

Membuat resolusi setiap tahun membantu kita tetap fokus pada tujuan/gol/visi jangka panjang kita. Karena untuk suatu visi bisa terwujud, maka kita perlu menjabarkan visi kita dalam target-target dan goal tahunan. Gol tahunan itu yang kita bisa jadikan sebagai resolusi, atau bisa juga kita membuat resolusi berupa hal-hal yang akan kita lakukan untuk mencapai gol tersebut.

2. Evaluasi

Setiap orang butuh evaluasi. Evaluasi secara berkala mempercepat kita untuk mencapai keberhasilan. Karena dengan evaluasi akan kegagalan dan keberhasilan kita, kita bisa menemukan sebab-sebab kegagalan-kegagalan kita dan berhenti melakukan hal-hal yang berkontribusi untuk kegagalan tersebut.

Sambil memperbaiki kesalahan kita, kita bisa mengulang kembali hal-hal yang membuat kita berhasil di masa lalu. Karena sukses sendiri sebenarnya sederhana, yaitu proses perbaikan yang terus-menerus hal-hal yang gagal, dan mengulang sesering mungkin hal-hal yang berhasil.

Maka momen tahun baru ini, tepat sekali bila dijadikan waktu untuk mengevaluasi diri dan kemudian dari evaluasi kita, mengeluarkan resolusi yang menantang, tapi bisa dicapai. (Baca juga: 5 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Mengubah Nasib Anda)

3. Mempercepat kesuksesan

Sukses tidak terjadi secara kebetulan. Sukses merupakan hasil upaya mengatasi kegagalan kita terus menerus. Istilah yang sering digunakan adalah TOTE. Test, Operate, Test, Exit. Dengan memiliki resolusi kita merencanakan apa yang akan kita lakukan selama 1 tahun untuk memperbaiki dan meneruskan hal-hal yang sudah berhasil tersebut.

Yang menarik adalah adanya riset yang menunjukkan bahwa 46% partisipan yang membuat resolusi Tahun Baru yang umum (misalnya menurunkan berat badan, mengikuti olah raga/gym, berhenti merokok, dll) lebih cenderung sukses 10 x lipat daripada orang-orang yang tidak bertekad untuk mengubah hidupnya pada tahun baru. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11920693) data ini menunjukkan betapa pentingnya suatu resolusi tahun baru untuk kita miliki.

Karena itu, evaluasilah hidup Anda setahun ke belakang, lalu arahkan fokus Anda, tujuan Anda pada suatu visi jangka panjang, dan buatlah suatu resolusi tahun baru yang mengubahkan hidup Anda.

Saya Deny Hen, Salam pembelajar!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Seminar 10 Checklist Persiapan Diri untuk Menikah

Bagaimana pendapat Anda?