4 Hal Penting Untuk Menemukan Potensi Maksimum Anda

potensi maksimum

Ada 4 P yang membantu Anda menemukan potensi maksimum Anda, dan Anda dapat menggunakannya untuk merumuskan visi pribadi Anda. 4P itu adalah Proficiency, Passion, Personality dan Path.

Proficiency adalah keahlian yang kita miliki. Proficiency adalah gabungan dari bakat, pendidikan, latihan dan pengalaman kita, terdiri atas hard skills dan soft skills.

Passion adalah suatu keinginan yang kuat untuk melakukan aktivitas tertentu yang disukai atau yang dipandang penting oleh seseorang sehingga orang tersebut rela menginvestasikan waktu dan tenaga. Passion adalah sesuatu yang membakar semangat dan memberikan antusias yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Passion bahkan dapat memberikan kerelaan hati untuk melakukan sesuatu walaupun itu bisa merugikan atau membuat kita menderita. Passion akan menjadi sangat powerful jika digerakkan oleh purpose, bukan oleh benefit yang kita nikmati.

Personality adalah tipe temperamen atau kepribadian kita. Tipe kepribadian kita akan memudahkan atau menyulitkan kita dalam melakukan suatu tugas/pekerjaan tertentu. Karena itu ia harus diperhitungkan saat kita ingin mencari potensi maksimum kita.

Path adalah jalan hidup yang telah kita lalui. Diri kita saat ini adalah hasil berbagai pengalaman hidup yang berharga. Terkadang karena terlalu sibuk menjalani hidup atau malah kurang tertantang, kita tidak menyadari adanya benang merah dalam pengalaman-pengalaman hidup kita. Ada kalanya kita perlu berhenti sejenak, lalu mengingat-ingat pengalaman-pengalaman baik keberhasilan-keberhasilan maupun kegagalan-kegagalan kita, baik besar maupun kecil untuk menemukan detil-detil yang tercecer dari sejarah hidup kita yang dapat membantu kita melihat apa yang terlewatkan dari penelusuran kita untuk menemukan potensi dan purpose kita.

Gunakan 4P untuk menelusuri potensi diri Anda lalu maksimalkan potensi Anda tersebut, semoga sukses!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?