Tips Ampuh Mengatasi Bosan dengan Pasangan

bosan pada pasangan

Setidaknya ada 3 penyebab kita menjadi bosan dengan pasangan:

1. Bagi Anda yang baru 2–4 tahun pacaran/menikah, secara natural hormon “cinta” yang membuat cinta Anda menggebu-gebu pada pasangan Anda akan kembali ke tingkat normalnya pada kurun waktu tersebut. Maka tak heran kalau greget cinta itu mau tidak mau memang pasti berkurang.

Namun hubungan pria dan wanita sama seperti semua hubungan lainnya adalah tentang tabungan cinta. Segala interaksi positif dalam hubungan itu, misalnya sikap perhatian, menunjukkan kasih sayang, memuji, melayani, dll akan menambah saldo tabungan cinta Anda. Sedangkan segala interaksi negatif; berantem, tidak memperdulikan, percakapan yang membosankan, tidak atentif, dll akan mengurangi saldo tabungannya.

2. Maka mengapa seseorang bisa bosan dengan pasangannya? Adalah karena mereka tidak menambah tabungan cinta yang cukup dalam keseharian mereka, sehingga mereka tidak merasakan keterikatan emosi yang mendalam terus-menerus dengan pasangannya.

3. Keintiman/kedekatan kita dengan pasangan kita juga ternyata bisa menjadi keintiman yang tersembunyi, terutama jika tidak ada hal-hal baru yang terjadi pada kedua sejoli itu. Karena keintiman pada dasarnya akan dirasakan saat kita berada dalam proses saling memahami, saling beradaptasi, dan saling mendukung. Nah keintiman yang tersembunyi akan muncul saat kita dipisahkan dengan pasangan kita (misalnya tugas luar kota atau kematian).

 

Cara Mengatasi Bosan Terhadap Pasangan

Maka kalau Anda ingin tidak bosan dengan pasangan Anda:

  • Sadari bahwa cinta sejati itu bukan berarti selalu “merasakan” cinta yang menggebu-gebu. Bahwa cinta sejati itu bukan hanya passion saja, tetapi juga meliputi unsur keintiman (persahabatan) dan komitmen.
  • Selalu upayakan untuk menunjukkan kasih sayang Anda pada pasangan Anda melalui 5 bahasa kasih (silakan menonton video di bawah ini untuk detailnya)

  • Waktu bersama pasangan Anda, gunakan waktu untuk menceritakan masa lalu, kejadian sehari-hari dan rencana masa depan Anda. Juga bercakap-cakaplah tentang berbagai macam hal, termasuk utarakan perasaan Anda mengenai hal-hal yang terjadi dalam diri Anda maupun di sekitar Anda.
  • Cari tantangan baru dan kegiatan baru berdua. Mencoba menikmati hobi pasangan juga bukan ide yang buruk. Jelajahi semua 7 sarana keintiman (RISE 3K) dengan pasangan Anda (7 sarana dapat dibaca di sini: 7 Cara Membangun Keintiman dan Peta Cinta)

 

Semoga Anda dan pasangan Anda bisa memiliki hubungan yang ever lasting. Salam Pembelajar!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?