Mengapa Penting Untuk Mengetahui Bahasa Kasih Pasangan Anda?

5 bahasa kasih

Dr. Gary Chapman, seorang konselor pernikahan ternama dan penulis buku “The 5 Love Languages” menemukan  bahwa ternyata ada 5 cara manusia menunjukkan kasih sayang kepada sesamanya, yaitu melalui:

  1. Kata-kata yang mendukung
  2. Sentuhan (non sexual)
  3. Hadiah/pemberian
  4. Menyediakan waktu untuk orang yang dikasihi
  5. Memberikan pelayanan

 

Baca juga: 3 Penyebab Hilangnya Cinta Setelah Bertahun-Tahun Menjalani Hubungan

Mengapa bahasa kasih ini menjadi penting? Karena ternyata umumnya seseorang hanya memiliki 1 atau 2 bahasa kasih saja yang membuatnya merasa dikasihi. Tatkala pasangannya memberikan kasih sayang dengan bahasa yang berbeda, akibatnya dapat ditebak, ia merasa kurang dikasihi.

Misalnya ada seorang istri yang memiliki bahasa kasihnya adalah waktu yang berkualitas. Suaminya bahasa kasihnya adalah pemberian/hadiah. Sang suami pulang malam akibat lembur, dan sebelum pulang ia menyempatkan diri untuk membeli makanan kesukaan istrinya. Namun waktu ia pulang, ia malah dimarahi istrinya. Istrinya merasa suaminya tidak menyayanginya dan menuduh bahwa makanan itu adalah “sogokan” dari sang suami, padahal sang suami memang perhatian dan berpikir bahwa istrinya akan sangat senang jika ia membeli makanan tersebut. Sang suami kecewa karena sang istri bukannya menghargai malah menyalahkannya.

Bagaimana Mengetahui Bahasa Kasih Saya dan Pasangan?

Nah, bagaimana mengetahui bahasa kasih kita? Kami memiliki kuisioner resmi dari Dr. Gary Chapman sendiri yang bisa membantu Anda menemukan bahasa kasih Anda. Dan kuisioner itu selalu kami bagikan dalam Marriage Academy yang kami selenggarakan. Namun sebenarnya ada cara cepat untuk mengetahui apa kira-kira yang menjadi bahasa kasih Anda maupun pasangan. Cara cepat ini diberikan langsung oleh Dr. Gary Chapman sendiri sewaktu saya mengikuti kuliah beliau.

Caranya adalah dengan bertanya hal-hal berikut ini:

  1. Bahasa cinta yang mana yang paling sering Anda lakukan untuk menunjukkan cinta Anda kepada pasangan?
  2. Bahasa cinta yang mana yang paling sering Anda keluhkan tentang pasangan Anda?
  3. Bahasa cinta yang mana yang paling sering Anda minta dari pasangan Anda?

 

Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini merupakan bahasa kasih Anda. Sedangkan untuk mengetahui bahasa kasih pasangan, ajukan pertanyaan yang sama:

  1. Bahasa cinta yang mana yang paling sering ia lakukan untuk menunjukkan cintanya kepada Anda?
  2. Bahasa cinta yang mana yang paling sering ia keluhkan tentang Anda?
  3. Bahasa cinta yang mana yang paling sering ia minta dari Anda?

 

Cobalah menjawab terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan ini sebelum Anda menanyakannya kepada pasangan Anda dan bandingkan hasilnya, apakah Anda bisa menebak dengan tepat bahasa kasih pasangan Anda?

 

Sering-seringlah menunjukkan kasih sayang menggunakan bahasa kasihnya daripada bahasa kasih Anda. Setiap kali Anda menggunakan bahasa cintanya, Anda sedang menabung jumlah yang besar di tabungan cinta pasangan Anda. Dan saya tidak bosan-bosannya mengajak Anda yang akan menikah untuk mengikuti Marriage Academy agar Anda diperlengkapi dengan pengetahuan yang memadai tentang pernikahan yang sehat dan bahagia, sebelum Anda menikah.

Hubungi kami melalui WA di bawah ini.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Marriage coach & counselor, life coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana pendapat Anda?