Keluarga Besar Mengharapkan Anda Cepat Nikah?

keluarga besar minta cepat nikah

Pertanyaan:

Saya sudah menjalin hubungan pacaran sekitar 7 tahun. Keluarga inti & keluarga besar pria sudah mengenal saya. Tetapi keluarga besar saya belum mengenal pacar saya. Baru kedua orangtua saya. Saya baru saja lulus kuliah dan belum bekerja. Permasalahan mulai muncul sejak kedua orangtua pacar saya meninggal dan saya kembali ke daerah asal saya. Keluarga besar pacar selalu menanyakan kapan kami menikah. Saya pernah menjelaskan kepada mereka bahwa orangtua saya baru akan mengizinkan saya menikah ketika saya sudah bekerja. Tetapi keluarga besar pacar sepertinya tidak dapat memahami hal itu dan beranggapan bahwa orangtua saya tidak merestui kami. Sehingga keluarga pacar pun mencarikan jodoh untuk pacar saya karena mereka berpikir kami sudah tidak bersama. Pacar mengerti kondisi saya dan pasrah akan keputusan ortu saya, tapi kasihan melihat dia yang jadi jelek di mata keluarganya. Sedangkan saya terganjal restu orangtua saya, disamping itu saya merupakan anak satu2nya.
Bagaimana meyakinkan dan memberikan pemahaman kepada keluarga besar pacar bahwa kami masih bersama dan kami masih mengusahakan untuk dapat menuju tahap pernikahan?

Farida (nama samaran)

Baca juga: Apakah Saya Sudah Siap Nikah?

JAWAB COACH DENY HEN

Dear Farida,

Anda dan kekasih Anda sepertinya berada dalam posisi yang terjepit. Di satu pihak keluarga pasangan yang ingin segera menikahkan kekasih Anda, terutama karena kedua orang tuanya sudah tiada. Tapi di pihak lain orang tua Anda sendiri merasa Anda belum cukup siap untuk menikah.

Sebenarnya Anda dan kekasih Anda sendiri tidak ada masalah, bahkan orang tua Anda pun tidak punya masalah dengan kekasih Anda, yang jadi masalah adalah adanya pihak keluarga besar pria yang salah paham sehingga mencarikan jodoh untuk pacar Anda. Tentunya tidak ada api yang tanpa arang, demikian juga keluarga besar pria pasti punya alasan untuk bersegera mencarikan jodoh dan menganggap Anda tidak lagi berpacaran dengannya.

Karena ini sangkut pautnya dengan keluarga kekasih, maka dalam hal ini kekasih Andalah yang memegang peranan penting untuk bisa mempertahankan hubungan Anda dengannya. Dialah yang bisa mendekati keluarga besar, berbicara bersama dan membantu mereka untuk memahami posisi Farida.

Saya pikir Farida perlu memberikan kesempatan pada calon Anda untuk menjelaskan baik-baik posisi dan kondisi Farida, termasuk penolakannya pada jodoh yang dikenalkan oleh pihak keluarganya. Ini sangat penting, karena kalau ia tidak mampu memperjelas hubungan Anda, bagaimana ia bisa menangani masalah-masalah lain yang lebih besar saat Anda sudah menikah dengannya nanti?

Kalau memungkinkan pergilah bersama kekasih Anda itu ke kampungnya, supaya menenangkan keluarga besar calon Anda.

Semoga cukup membantu.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Anda pun dapat bertanya kepada kami seputar masalah cinta/relasi/pasutri dan parenting! Isilah form berikut ini:

  1. Kami tidak akan pernah memberikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain.
  2. Keputusan untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya berada pada Pembelajar Hidup. Kami mengambil keputusan berdasarkan relevansi, kesesuaian pada misi kami serta pada kompetensi kami.
  3. Mengingat kesibukan kami, kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

promo e-book menemukan passion anda

Bagaimana pendapat Anda?