Apakah Mindset yang Benar dalam Suatu Pernikahan?

mindset pernikahan

Di slide seminar Coach Deny, disebutkan tentang 6 terobosan untuk pernikahan yg sehat dan bahagia. Mohon dijelaskan tentang “Mindset” yang disebutkan sebagai salah satu terobosan itu maksudnya bagaimana?

Iriana (bukan nama sebenarnya)

Catatan: pertanyaan ini adalah pertanyaan yang diajukan pada KULWAP: “5 Tips Ampuh Mengubah Krisis Menjadi Kebahagiaan dlm Pernikahan” yang diselenggarakan berkat kerjasama YPKA (Yayasan Pusat Kemandirian Anak) dengan Pembelajar Hidup, diikuti 152 peserta dari seluruh Indonesia.

 

Baca juga: 2 Pesan Penting bagi Pasutri ini Disampaikan Saat Peluncuran Buku “The Great Marriage”

JAWAB: 

Mindset yang dimaksud adalah pola pikir yang tepat tentang pernikahan. Ada 2 pola pikir yang menyangkut pernikahan dalam buku saya:

1. Apa itu cinta?

2. Apa tujuan pernikahan?.

Secara singkat saya coba jelaskan (dalam buku “The Great Marriage” dijelaskan lebih mendetail) bahwa cinta terdiri dari 3 unsur yaitu gairah/passion, keintiman dan komitmen. Tanpa 1 hal saja dari ketiga unsur tersebut, maka pernikahan Anda tidaklah lengkap dan masing-masing ada dampaknya.

Sedangkan tujuan pernikahan bukanlah kebahagiaan (penjelasan mengenai hal ini ada pada artikel: Apakah Kebahagiaan dalam Perkawinan itu?) , tetapi tujuan pernikahan adalah 3C: child, class dan calling. Child adalah tujuan biologis yaitu melahirkan keturunan. Class adalah sekolah pernikahan. Pernikahan adalah hal yang memaksa diri kita untuk berubah, karakter kita yang seharusnya ke arah yang lebih baik. Karena saat kita tidak bersedia mengubah diri kita, problem akan muncul dalam rumah tangga. Selain itu pernikahan juga adalah sekolah di mana kita belajar mengasihi dan dikasihi pasangan kita.

Pernikahan juga adalah untuk menjalani panggilan Tuhan (calling) bersama. Pernikahan yang baik adalah yang memiliki visi bersama (shared vision), saling mendukung seperti satu perahu yang didayung oleh 2 orang, keduanya harus mendayung ke arah yang sama.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Founder Pembelajar Hidup, Life Coach - Marriage Coach di Jakarta. Pembicara seminar di berbagai kota di Indonesia, di antaranya menjadi narasumber talkshow di stasiun TV BeritaSatu dan Tabloid Nova.
Bagikan:
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Anda pun dapat bertanya kepada kami seputar masalah cinta/relasi/pasutri dan parenting! Isilah form berikut ini:

  1. Kami tidak akan pernah memberikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain.
  2. Keputusan untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya berada pada Pembelajar Hidup. Kami mengambil keputusan berdasarkan relevansi, kesesuaian pada misi kami serta pada kompetensi kami.
  3. Mengingat kesibukan kami, kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

Seminar Resolusi 2019

Bagaimana pendapat Anda?