6 Tips Menemukan Pasangan Hidup (khusus Introvert)

tips menemukan jodoh

Sebagian orang diciptakan Tuhan sebagai orang yang periang dan suka bergaul dengan orang lain. Tetapi sebagian lagi tidak. Orang-orang ini yang sering disebut dengan introvert sering dianggap suatu ciri yang negatif walaupun tipe kepribadian sebenarnya netral. Tetapi karena sifatnya yang introvert, tidak jarang para jomblo kesulitan menemukan jodohnya. Bagaimana supaya mereka tidak menjadi perawan tua dan bujangan lapuk? Coach Deny Hen memaparkan tips-tipsnya di bawah ini.

Baca juga: Bagaimana Kita Tahu Seseorang itu Pasangan Hidup yang Tepat (The One) bagi Kita?

Idealnya, tahap-tahap punya pacar adalah sebagai berikut:

  1. Berkenalan
  2. Berteman – bersahabat
  3. Kencan
  4. Pacaran
  5. Menikah

Maka kalau misalnya ini sesi coaching, saya akan bertanya, ada di mana problemnya dalam mencari jodoh?

Apakah tidak berhasil membawa teman kencan menjadi pacar? a.k.a. ditolak terus? (asumsinya yang bermasalah adalah pria)

Apakah tidak berani mengajak kencan?

Apakah tidak punya teman/sahabat yang memungkinkan untuk jadi pacar?

Ataukah masalahnya tidak punya kenalan yang banyak sehingga pilihannya terlalu sedikit?

Sebenarnya prinsipnya mau introvert atau extrovert sama saja semua juga.

Tetapi karena penanya bertanya secara khusus tentang introvert, maka saya berasumsi penanya adalah seorang pendiam yang kurang senang bergaul dengan orang lain. Maka permasalahannya ada di fase kenalan dan pertemanan.

Sebelumnya kita perlu mengerti dulu apa yang dimaksud dengan introvert/ekstrovert itu. Berdasarkan definisi dari Carl Jung yang digunakan oleh Myers-Briggs (MBTI), Ekstrovert adalah orang yang mendapatkan energinya dari orang lain, sedangkan Introvert adalah orang yang mendapatkan energinya dari dalam dirinya sendiri.

Yang perlu diketahui adalah tipe kepribadian seperti ini adalah preferensi seseorang. Jadi seorang ekstrovert bukan berarti cerewet dan seorang introvert bukan berarti pendiam, bisa saja introvert juga suka bergaul dengan orang lain. Ini hanyalah berarti bahwa seorang introvert lebih suka berpikir dan menikmati dunianya sendiri daripada bergaul dengan orang lain, sedangkan seorang ekstrovert sebaliknya. Ada orang introvert yang pandai bergaul, dan punya banyak teman, walaupun energinya diperoleh waktu ia berdiam diri.

So, bukan introvert atau ekstrovertnya yang jadi masalah dalam pergaulannya. Ia hanya perlu belajar bergaul, sehingga walaupun ia menikmati kesendirian, ia tetap bisa bersenang-senang dengan orang lain.

Bagaimana supaya para introvert ini dapat menolong dirinya sendiri dan berelasi dengan lebih baik dengan orang lain sehingga punya kesempatan lebih banyak untuk memperoleh jodoh?

  1. Perluas pergaulan Anda. Carilah kegiatan yang Anda sukai dan aktiflah di grup atau komunitas mengenai hal tersebut. Cobalah kursus ketrampilan yang baru yang sudah lama ingin Anda kuasai adalah ide yang bagus, selain aktif di tempat ibadah.
  2. Korbankan sebagian waktu Anda untuk hang out dengan teman-teman Anda, walaupun Anda tidak nyaman pada mulanya. Tapi cari teman hang out yang positif ya, bukan yang suka ke club, mabok, judi, narkoba dsb.
  3. Bila ada kegiatan atau acara di kantor, atau di lingkungan sosial atau di komunitas Anda, hadirlah 30 menit sebelumnya, dan hindari tengbur. Saat-saat itu adalah kesempatan untuk berjejaring dan dikenal oleh orang lain.
  4. Hindari baperan. Orang yang baru Anda kenal tidak akan dengan mudah menghina Anda, jadi jika orang lain ada salah-salah kata, maafkanlah dan jangan tinggalkan komunitas itu, karena setiap orang punya kebiasaan dan budaya yang mungkin berbeda dengan kita.
  5. Untuk pria: ambilah training leadership dan kembangkanlah talenta Anda. Seorang wanita secara natural ingin dilindungi dan dipimpin, karena itu menjadi seorang leader memiliki daya tarik yang jauh lebih kuat daripada seorang follower. Selain itu seorang pria yang cerdas dan talented selalu menarik bagi para wanita.
  6. Untuk wanita: perbaikilah penampilan Anda, dan tersenyumlah, siapa tahu senyuman Anda menggetarkan hati seorang pria!

 

Akhir kata, mungkin sebagi orang introvert Anda tidak terlalu suka bertemu dengan orang baru dan berteman, kabar baiknya Anda tidak perlu berteman dengan semua orang (baiklah, mungkin mengenal tetap perlu), tapi berteman dan dikenalah oleh cukup banyak orang yang memungkinkan Anda menemukan 1 orang di antaranya untuk menjadi kekasih Anda.

Saya Deny Hen, Salam pembelajar!

 

NB: Mendapatkan pasangan hidup adalah tujuan yang penting dan sangat menentukan dalam hidup Anda, jika ini menjadi masalah bagi Anda, jangan ragu menghubungi kami untuk mendapatkan layanan coaching. Silakan menghubungi no WA yang tercantum di bawah halaman ini.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Anda pun dapat bertanya kepada kami seputar masalah cinta/relasi/pasutri dan parenting! Isilah form berikut ini:

  1. Kami tidak akan pernah memberikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain.
  2. Keputusan untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya berada pada Pembelajar Hidup. Kami mengambil keputusan berdasarkan relevansi, kesesuaian pada misi kami serta pada kompetensi kami.
  3. Mengingat kesibukan kami, kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

cek hubungan pasangan

Bagaimana pendapat Anda?