4 Hal yang Wajib Dilakukan Istri Agar Suami Tidak Selingkuh

nevertheless narsistik

Pertama-tama perlu diperjelas bersama dulu bahwa tidak hanya pria yang suka selingkuh, tetapi wanita juga. Namun kali ini kita fokus dulu pada upaya yang bisa dilakukan wanita agar suami-suami tidak selingkuh. Berikut adalah 4 hal penting yang dapat dilakukan agar suami ogah selingkuh:

1. Penuhilah 5 Kebutuhan Utama Suami

5 kebutuhan tersebut adalah:

  • Hubungan intim yang memuaskan. Hal ini mencakup 5 P seperti yang dijelaskan dalam video ini:

  • Rekreasi bersama (atau lebih tepatnya ditemani saat melakukan kegiatan yang disukainya). Walaupun Anda tidak suka mancing, tapi temanilah pasangan Anda yang ingin pergi mancing.
  • Tampilan fisik yang menarik. Dalam hal ini pada umumnya pria menyukai wanita yang memiliki postur tubuh yang seimbang.
  • Dukungan rumah tangga. Pria suka kalau istrinya bisa mengatur rumah tangga dengan baik. Artinya rumah bersih dan rapih, ada makanan saat waktu makan dan anak-anak ada yang ngurus.
  • Dikagumi. Pria suka mendapatkan respek dan rasa kagum dari pasangannya.

 

Baca juga: Apakah Orang yang Berselingkuh Pasti Akan Berselingkuh Lagi?

2. Hindarilah 6 Love Buster ini

5 kebutuhan utama suami, tatkala diberikan istrinya, akan menumbuhkan cinta yang terus-menerus bersemi dalam hubungan Anda, tetapi waspada dengan 6 hal-hal di bawah ini yang dapat memadamkan api cinta. 6 love buster tersebut adalah:

  1. Tuntutan-tuntutan yang egois. Tuntutan-tuntutan yang bertubi-tubi dan seringkali tidak memikirkan kondisi suami. Misalnya: menuntut suami selalu mengangkat telepon (walaupun ia sedang meeting), marah kalau suami tidak membelikan oleh-oleh saat dinas ke luar kota (padahal keuangan sedang seret), dll.
  2. Penilaian yang merendahkan. Merendahkan suami dengan cara menggurui, selalu menyalahkan suami, tidak memberikan kesempatan suami untuk menjelaskan pendapatnya, atau dengan mencibir dan menghina pendapat suami.
  3. Ledakan amarah. Marah dan ribut dalam rumah tangga adalah hal yang biasa, namun hati-hati kalau berantemnya kebablasan, yaitu ditandai dengan adanya hinaan, kata-kata kasar dan kata-kata kotor (verbal abuse), menghancurkan barang, bahkan sampai KDRT (mendorong, memukul, menampar, mencubit, dll).
  4. Kebohongan. Trust adalah keniscayaan dalam suatu hubungan pernikahan. Tanpa adanya rasa saling percaya, pernikahan Anda hanyalah seonggok daging yang digantung di sebuah benang tipis. Kepercayaan ini harus dijunjung dengan cara apa pun juga.
  5. Kebiasaan yang mengganggu. Kebiasaan-kebiasaan kecil tapi kalau menganggu pasangan perlu dibicarakan untuk menemukan pemecahannya. Misalnya kebiasaan makan bersuara, kebiasaan mandi (atau tidak mandi), atau kebiasaan tidur (ngorok, ngupil, dll).
  6. Perilaku independen. Love buster yang ini adalah mengambil keputusan atau melakukan kegiatan yang independen, terpisah dari suami, tanpa memberitahu suami. Misalnya keanggotaan gym diam-diam. Diam-diam sering jalan-jalan dengan teman. Beli tas mahal diam-diam, atau bahkan membeli properti tanpa persetujuan suami.

 

3. Dukunglah Suami Anda Menurut Golnya Sendiri, Bukan Gol Anda.

Cobalah untuk tidak menuntutnya sesuai standar Anda. Tetapi cobalah untuk mengcoachnya, menantangnya untuk bertumbuh tanpa merendahkannya, dan membantunya mendapatkan awareness dan melihat blind spot-nya bukan dengan cara menggurui maupun menghakiminya, tetapi dengan bertanya dan mendukungnya.

Kenapa ini penting? Karena ada korelasi antara menjadi seorang istri alpha wife dengan perselingkuhan.

Penjelasan lengkap atas hal ini ada pada webinar The Alpha Wife. (Informasi untuk mendapatkan rekaman dapat dicek di halaman di sini: Webinar: Making Peace with The Alpha Wife)

 

4. Pendekatan agama

Agama yang dijalankan sungguh-sungguh adalah moral kompas yang kuat. Karena itu ajaklah dan pengaruhi suami untuk bisa beribadah bersama.

Suatu studi di Indonesia menemukan bahwa ketaatan beragama memang benar membantu mencegah ketidaksetiaan pasangannya. Penelitian kecil kami juga menunjukkan hal yang serupa, bahwa orang-orang yang taat beragama mempunyai tingkat kepuasan pernikahan yang lebih baik.

Pepatah mengatakan, “couple who pray together stay together” dan ini terbukti benar, karena sebuah penelitian di New Zealand menemukan bahwa pasangan yang tidak pernah berdoa bersama memiliki tingkat perceraian 65% sedangkan yang berdoa bersama setidaknya seminggu sekali hanya 7%.

 

Selamatkan Pernikahan Sebelum Wedding Dilangsungkan

Itulah 4 hal yang dapat dilakukan oleh istri untuk menjaga agar suami tidak berselingkuh. Walaupun demikian tidak ada yang bisa menjamin pasangan tidak akan selingkuh karena masih bisa terjadi selingkuh kalau ada dua hal ini:

  • Suami yang tidak membatasi pergaulan dengan lawan jenis.
  • Suami yang memang nakal.

 

Saya menemukan kasus-kasus di mana suami-istri yang pernikahannya baik tetapi tetap kejadian sang suami terpelosok ke dalam affair, ternyata karena tidak memberikan batas dalam bergaul dengan lawan jenis. Setiap orang yang sudah menikah harus menjaga batas persahabatan dengan lawan jenis, yaitu dengan tidak curhat, tidak membiasakan diri berdekatan secara fisik, juga tidak membiasakan berada dalam satu tempat hanya berdua dengan lawan jenis, sekalipun dalam urusan pekerjaan.

Sedangkan yang dimaksud nakal di sini adalah seorang tukang selingkuh. Biasanya memiliki karakter narsistik. Orang yang narsistik sangat suka dipuja, pandai berbohong, memiliki kecerdasan atau karisma yang memukau wanita, tapi tidak merasa bersalah atas kesalahan yang dilakukannya. Kalau ingin tahu karakter narsistik seperti apa, nonton saja Nevertheless yang dibintangi oleh Song Kang (Park Jae Eon) dan Han So Hee (Yu Na Bi).

Waspada dengan pria yang seperti ini. Bagi wanita yang belum menikah, cek dan ricek, jangan terburu-buru menikah. Kenali baik-baik calon suami Anda supaya tidak sampai mengambil keputusan yang membawa penderitaan dengan menikahi pria pembohong narsistik seperti ini.

 

Note: Artikel ini sudah diposting juga di Quora: https://id.quora.com/Bagaimana-cara-menjaga-suami-agar-tidak-selingkuh-dengan-orang-lain/answer/Deny-Hen

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Marriage coach & counselor, life coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagaimana pendapat Anda?