Penelitian Mengenai Adopsi Kursus Online di Indonesia

bisnis e-learning

Sebagai dosen saya mengikuti tridarma perguruan tinggi dengan melakukan berbagai penelitian. Karena bidang saya dalam akademis adalah e-business (gabungan bisnis dengan teknologi IT), maka saya pun melakukan penelitian-penelitian seputar e-commerce.

Kali ini saya tertarik meneliti tentang e-learning berbayar di Indonesia. Di tengah maraknya e-commerce, bisnis retail e-learning di Indonesia belum booming. Ini terlihat dari masih sedikitnya pemain dan juga pengguna jasa dalam bisnis ini. Malah sepertinya lebih terkenal udemy atau situs e-learning luar negri lainnya daripada situs e-learning di Indonesia. Masih banyak orang yang belum tahu bahwa pembelajarhidup.com juga merupakan situs e-learning yang sangat unik. Saat ini memang baru ada kelas pernikahan dan webinar parenting, tetapi akan segera menyusul self developmentberupa soft skills dan motivasi yang dibutuhkan untuk melangkah maju.

Untuk menemukan hal-hal apa yang membuat e-learning baru diadopsi secara terbatas, kami melakukan penelitian ini. Maka sudilah kiranya para pembaca blog pembelajar hidup ikut mengisi kuisioner kami. Silakan klik di tautan ini: https://www.pembelajarhidup.com/quiz/riset-kursus-online-indonesia/

 

Terima kasih untuk bantuannya mengisi kuisioner kami.

Bagaimana pendapat Anda?