Sukses dalam Karir dan Sukses dalam Bahtera Keluarga dengan Coaching

Kesuksesan adalah proses panjang dari usaha terus-menerus seorang yang pernah mengalami kegagalan, bukan merupakan suatu pencapaian yang instant. Namun kesuksesan karir yang tidak diikuti dengan kesuksesan dalam membina bahtera keluarganya, dapat menghancurkan segala upaya yang sudah dilakukannya itu. Karena keberhasilannya teracuni oleh krisis dalam pernikahan atau keluarganya.

Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana sesi coaching membantu seseorang untuk hidup penuh arti dan maksimal, yang akan berdampak pada kesuksesan dalam karir dan dalam pernikahan dan keluarganya, dimulai dengan definisi dari coaching itu sendiri.

Apa Coaching itu?

Coaching dari definisi resmi yang dikeluarkan oleh ICF (International Coach Federation – asosiasi coach internasional yang memiliki anggota coach paling banyak di dunia) adalah

   Bermitra dengan klien dalam proses kreatif dan membangkitkan pikiran (thought-provoking) yang menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi pribadi maupun profesional mereka.

Coaching sangat penting dalam lingkungan ketidakpastian dan kompleks pada masa kini. Para Coach menghormati klien mereka sebagai para ahli dalam kehidupan dan pekerjaan mereka sendiri, dan percaya akan kekreatifan, kemampuan dan kepenuhan dari setiap klien. Berdiri dari fondasi ini, adalah tanggung jawab Coach untuk:

  • Menemukan, memperjelas, dan mendukung apa yang ingin dicapai oleh klien
  • Mendorong penemuan diri (self-discovery) klien
  • Membangkitkan solusi dan strategi yang dibuat oleh klien sendiri
  • Menjaga pertanggungjawaban klien akan langkah-langkah yang dibuatnya sendiri

Proses ini menolong klien meningkatkan prospek hidup dan pekerjaan mereka secara dramatis, sambil meningkatkan skill kepemimpinan mereka dan membuka potensi mereka.

Definisi dari ICF memberikan pesan bahwa coaching yang sebenarnya (pure coaching) adalah 100% dipimpin oleh coachee (sebutan untuk klien dalam coaching). Klien atau coachee yang menentukan sendiri jawaban dan arah hidupnya. Tugas coach membantu coachee untuk menemukan jawaban atau arah hidupnya tersebut dengan menggunakan skill coaching yang terkadang dibantu dengan perangkat alat bantu seperti kuisioner, latihan-latihan, menuliskan langkah-langkah tindakan dan lain-lain.

Ngapain sih Life Coaching itu?

Untuk memudahkan memahami life coaching, Anda dapat membayangkan proses life coaching seperti proses coaching pada olah raga seperti basket atau bulutangkis misalnya. Di sini atlet akan dilatih terus-menerus oleh seorang coach untuk dapat menjadi olahragawan yang profesional. Demikian juga dalam marriage/relationship coaching sebagai salah satu bagian dari life coach misalnya, Anda dapat dilatih untuk dapat berkomunikasi secara menyenangkan yang dapat meningkatkan kualitas hubungan cinta Anda satu dengan yang lain. Anda dapat meningkatkan gairah cinta Anda yang menurut penelitian rata-rata mulai pudar ketika pernikahan sudah melewati usia 3 tahun.

Dalam topik lain misalnya untuk membantu mengubah kebiasaan buruk, Anda juga dapat dilatih untuk menggantikan kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dengan cara yang bukan menasehati dan bukan menggurui.

Prinsip coaching untuk tidak menggurui dan menasehati ini membuat sesi coaching yang menyenangkan bagi banyak orang. Coachee merasa didengarkan, dimengerti, bahkan keluar dari kursi coachee dengan semangat baru dengan pemikiran-pemikiran positif bahwa “saya bisa” sebagai akibat pemberdayaan dan awareness (kesadaran) yang ditimbulkan dari coaching.

Hal lain yang dilakukan dalam sesi coaching adalah membangkitkan kesadaran. Sebagian klien kami datang dengan suatu pertanyaan dalam diri mereka, “buat apa aku hidup”. Sebagian mereka adalah siswa/mahasiswa yang bingung mau ambil jurusan apa. Ada juga yang sudah berhasil dalam karir mereka, tetapi merasa menjalani hidup yang kurang berarti. Sahabat kami mempertanyakan apa yang Tuhan inginkan dalam hidupku?

Saya sama seperti mereka pernah mempertanyakan hal-hal tersebut. Dengan coaching, kita dibantu menemukan tujuan hidup kita, arti hidup kita, menemukan maksud Tuhan dalam hidup kita. Ini yang membuat hidup kita menjadi lebih berarti, lebih bermakna dan maksimal.

Coaching juga membantu kita untuk mengatasi hambatan-hambatan untuk sukses. Manusia sudah Tuhan anugerahkan kemampuan untuk mengatasi masalah, namun seringkali pikiran kita begitu teralih atau banyak hal yang mengganggu membuat kita tidak mampu mengambil keputusan dan langkah maju. Coaching tanpa menggurui dan tanpa menasehati menolong Anda menetapkan langkah demi langkah menuju kesuksesan hidup yang Anda cita-citakan.

Pernikahan harmonis, penuh sukacita, dan karir yang maksimal. Bukankah itu yang menjadi idaman semua orang? Sukses dalam karir dan sukses dalam bahtera keluarga, itu harapan kami bagi Anda.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Seorang Pembelajar Hidup, Professional Life Coach, dosen, dan penulis, yang berkesempatan mengecap pendidikan dari Dr. James Dobson School of Marriage & Family
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
seminar online how not to be an instant parent

Bagaimana pendapat Anda?