Tips Untuk Selalu Menjadi Versi Terbaik dari Diri Kita

best of me

Apa satu hal yang kamu lakukan secara konsisten untuk menjadi versi terbaik dari dirimu?

Jawab Coach Deny Hen: 

Saya memandang bahwa hidup adalah tentang relasi kita dengan Tuhan, dengan sesama dan dengan diri sendiri. Karena itu menjadi versi terbaik dari diri sendiri bukan sekedar ambisi untuk meraih mimpi, tetapi untuk menjadi yang terbaik bagi relasi kita: Tuhan, sesama dan tentu saja diri kita sendiri.

Saya menyadari bahwa kesuksesan dicapai bukan dari keberhasilan tunggal, tetapi dari keberhasilan-keberhasilan kecil yang dicapai dengan mengatasi sedikit demi sedikit masalah dan kegagalan yang kita alami. Istilahnya trial and error yang terus menerus.

Baca juga: 4 Pelajaran Tentang Menjadi yang Terbaik dari 3 Orang Tukang Listrik

Seorang programer tidak akan membuat programnya 100% jadi baru kemudian dites apakah programnya berjalan dengan baik atau tidak. Ia akan mengerjakan sedikit, lalu ditest, perbaiki kesalahan yang ada, ditest lagi, perbaiki sedikit di sana, perbaiki sedikit di sini, lanjutkan lagi, test lagi, demikian terus berulang-ulang sampai seluruh programnya rampung. Demikian juga kira-kira diri kita tatkala kita ingin selalu menjadi versi terbaik dari diri kita setiap saat. Bedanya untuk manusia tidak pernah ada kata rampung. Selalu ada room for improvement dalam diri kita.

Maka salah satu hal yang selalu saya lakukan secara konsisten untuk menjadi versi terbaik dari diri saya adalah self-evaluation dan self-improvement.

Setiap kali setelah saya mengerjakan sesuatu yang produktif, saya memeriksa kerjaan saya, dan bertanya 3 pertanyaan berikut:

  1. Apakah saya telah mengerjakannya dengan baik?
  2. Bila saya merasa gagal, saya bertanya: Kesalahan apa yang saya lakukan kali ini?
  3. Hal apa yang dapat saya perbaiki di masa depan jika kejadian yang sama berulang?

Dengan demikian saya mempelajari sesuatu dari kegagalan dan kesalahan saya dan memperbaikinya di masa yang akan datang.

 

Note: masih banyak hal lain untuk mewujudkan versi terbaik dari diri kita melalui Coaching Maximum Potential maupun workshop Reach your MAXIMUM potential!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  • 2
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
promo e-book menemukan passion anda

Bagaimana pendapat Anda?