3 Teknik Self-Improvement untuk Mengubah Diri dalam Waktu Singkat

teknik self-improvement

Jawab Coach Deny Hen:

Ada 3 cara yang dapat digunakan untuk mengubah diri secara instant:

Pertama: Cari/temukan sebuah visi/makna. Menemukan visi dan makna dalam hidup Anda mengubah diri Anda menjadi terfokus. Anda akan menjadi termotivasi untuk mulai mengerjakan hal-hal yang membantu Anda mencapai visi Anda tersebut, dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang produktif, didorong oleh passion Anda terhadap visi tersebut.

Makna selalu memberikan alasan bagi Anda untuk hidup, membuat diri Anda merasa lebih baik dan lebih enjoy dalam menjalankan hidup ini. Makna hidup juga membuat Anda lebih panjang umur, hidup lebih bahagia dan sehat, menurut tim peneliti dari Universitas California di San Diego.

Baca juga: Tujuan hidup itu kita temukan atau kita tentukan?

Kedua: Ubah mindset Anda. Mindset kita menentukan sejauh apa kita akan pergi dalam hidup kita. Ada 2 orang sama-sama ingin menjadi seorang pelari. Pelari yang satu punya sedikit uang dan membeli sepasang sepatu untuknya berlari. Maka keesokan hari setelah ia membeli sepatu, ia mulai berlari. Ia berlari dan berlari, sampai suatu saat sepatunya rusak. Lalu ia berhenti berlari dan melanjutkan hidup sederhana di desa.

Pelari kedua tidak punya uang untuk membeli sebuah sepatu. Namun demikian, ia pun memulai harinya dengan berlari. Ia berlari tanpa mengenakan alas apa pun di kakinya. Ia berlari dan berlari. Ia melewati pantai dengan pasir yang panas dan kasar, melewati jalan-jalan di pasar yang kotor dan melewati jalan bertelanjang kaki.

Pelari pertama tidak pernah dikenal sebagai seorang pelari, tetapi pelari kedua kemudian menjadi pemenang piala emas Asian Games 2018 yang lalu, yaitu Mohammad Zohri.

Perbedaan mereka berdua hanyalah terletak pada mindset. Saat kita punya mindset Tangguh #4

Kondisi yang tidak mendukung adalah kesempatan emas untuk menjadi yang terhebat

Maka kita mengubah kekurangan kita menjadi kekuatan yang tidak terkalahkan. (Seluruhnya ada 7 mindset Tangguh, dapat Anda baca dalam buku Tangguh: 4 Rahasia yang Jadikan Anda Tak Terkalahkan)

 

Ketiga: Evaluasi diri. Semua manusia pernah salah. Kita pasti pernah keliru pada suatu kejadian/masalah. Terkadang kehidupan yang sedemikian hectic membuat kita tidak punya waktu untuk berhenti dan berpikir, apa kesalahan yang kita lakukan, dan apa yang dapat kita lakukan untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Atau terkadang dampaknya tidak terlalu besar, atau dampaknya belum kelihatan (dampak jangka panjang), sehingga kita tidak langsung mendapatkan feedback atau akibat dari apa yang kita lakukan.

Maka mumpung akhir tahun di mana banyak orang mulai memikirkan resolusi tahun baru, inilah saat yang tepat untuk mengevaluasi diri tentang apa yang terjadi di tahun 2020 ini, supaya di tahun 2021 Anda dapat memulai hidup Anda dengan lebih baik.

 

Demikian 3 teknik yang dapat Anda gunakan untuk self-improvement dan mengubah diri Anda menjadi lebih baik dalam segala hal dengan cepat. Namun demikian tentu saja ketiga kegiatan kognitif ini belum mampu mengubah Anda secara signifikan dan permanen (walau dalam beberapa kasus perubahannya memang permanen dan signifikan), Anda harus melengkapi ketiga hal di atas dengan workplan dan aktivitas real yang bisa mengubah kebiasaan Anda. Gantikan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda dengan kebiasaan-kebiasaan baru, dan lakukan sebanyak 21 hari berturut-turut untuk mendapatkan perubahan yang permanen.

Saya Deny Hen, salam pembelajar.

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Marriage coach & counselor, life coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?