Jeff Bezos Bercerai, Kok Saham Amazon Loyo?

Jeff bezos bercerai

Jeff Bezos, CEO dan founder Amazon.com telah mengumumkan perceraiannya dengan istrinya, MacKenzie S. Tuttle melalui Twitter bulan Januari yang lalu. Keesokan harinya saham Amazon merosot 0.5% pada sesi perdagangan siang.

Banyak orang tidak menyadari dampak yang ditimbulkan pernikahan yang buruk pada karir atau bisnisnya. Padahal masalah pribadi sedikit banyak selalu memberikan dampak pada karir maupun bisnis kita. Terlebih lagi perselingkuhan dan perceraian.

Baca juga: Reaching Your Maximum Potential

Dalam kasus Jeff Bezos tadi, investor bertanya-tanya tentang bagaimana pembagian kekayaan Bezos pasca perceraian, terlebih dalam hukum di negara bagian di mana Bezos dan MacKenzie tinggal menyatakan bahwa harta yang dimiliki selama pernikahan harus dibagi dua antara suami dan istri. Hukum yang sama berlaku di Indonesia, kecuali jika pasangan sudah membuat perjanjian nikah/pra-nikah dulu sebelumnya.

Hal lain yang dikuatirkan oleh investor adalah bagaimana Jeff Bezos pasca perceraian dapat fokus dalam bekerja (termasuk siapakah yang mengasuh anak-anak) dan tetap dapat mengambil keputusan yang tepat sehubungan dengan bisnisnya. Perlu diketahui bahwa, memang sedikitnya ada 5 dampak perceraian terhadap pekerjaan, yaitu:

  1. Absen misalnya ijin mengurus perceraian maupun sakit karena stres yang ditimbulkannya.
  2. Penurunan kinerja karena tidak fokus, banyak pikiran, stres.
  3. Penurunan kinerja tim, karena menggunakan waktu produktif untuk berdiskusi dengan rekan kerja mengenai apa yang mereka alami.
  4. Pengambilan keputusan yang buruk. Perceraian yang dialami oleh manajer ke atas dapat berdampak buruk yang merugikan perusahaan akibat kesalahan pengambilan keputusan karena terjadi distraksi dan stres.
  5. Pengunduran diri. Perceraian juga dapat berakibat pengunduran diri karyawan. Selain perceraian, perselingkuhan yang terbongkar juga dapat berdampak pada pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat.

 

Inilah sebabnya kenapa perceraian (atau perselingkuhan) seseorang memiliki dampak terhadap karir maupun bisnisnya. Karena itu penting sekali menjaga keutuhan rumah tangga demi masa depan bersama. Namun bukan keluarga yang utuh saja yang membantu sang suami/istri untuk meraih karir dan pencapaian terbaik mereka, melainkan hanya pernikahan yang hebat, yang ditandai dengan hubungan yang sehat dan bahagia, yang mampu memberikan support yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir dan bisnis yang diinginkan.

Pernikahan yang auto-pilot tidak akan berhasil, cepat atau lambat pernikahan seperti ini akan kandas. Perlu perjuangan dan usaha untuk mempertahankan cinta dan pernikahan yang sehat. Maka mulailah menginvestasikan waktu yang cukup bagi pasangan Anda, setialah pada komitmen pernikahan. Walaupun berat, pada akhirnya akan memberikan timbal balik yang sepadan.

 

Saya Deny Hen, salam pembelajar!

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?