Apakah Sekarang Saat yang Tepat untuk Re-fokus dalam Karir dan Bisnis?

Dalam buku saya, saya memperkenalkan 4P (Proficiency, Personality, Passion dan Path) untuk menentukan visi hidup sebagai fokus hidup kita agar kita bisa tangguh. Bagaimana kita menerapkannya pada kondisi krisis seperti sekarang ini? Apakah ini saatnya untuk mengubah arah hidup kita dalam karir/bisnis kita?

Pertanyaan ini sebenarnya irrelevant bagi teman-teman yang mengalami badai krisis finansial keluarga secara langsung akibat pandemi Covid-19. Misalnya bagi teman-teman yang di-PHK atau yang bisnisnya stop, misalnya industri pariwisata dan hiburan. Karena teman-teman ini mau tidak mau harus banting setir dan memulai hidup yang baru dengan pekerjaan lain atau bisnis yang baru. Tentu saja ini artinya re-fokus ke bidang yang baru.

Namun bagaimana kita re-fokus dari arah sebelumnya? Apakah diperlukan guidance dari 4P  untuk menentukan visi yang baru?

Baca juga: TANGGUH: 4 Rahasia yang Jadikan Anda Tak Terkalahkan

Jawabannya tentu Tidak. Bagi Anda yang sudah masuk titik krisis yang berbahaya dalam urusan dapur, atau cadangan dana Anda kurang dari 1 tahun. Anda harus sesegera mungkin mencari penghasilan untuk keluarga Anda. Bila Anda mempunyai pengalaman yang cukup banyak, Anda dapat melamar pekerjaan baru, atau jika Anda sudah menetapkan diri Anda untuk berwiraswasta, Anda dapat memikirkan untuk membanting stir untuk usaha yang sedang naik daun di tengah Covid.

 

Peluang Penghasilan Tambahan Saat Pandemi Covid-19

Meminjam data dari survey McKinsey & Company tentang konsumen di Indonesia, beberapa produk yang mengalami kenaikan signifikan, yang menjadi peluang bagi yang ingin mencari tambahan penghasilan adalah barang kebutuhan pokok sehari-hari, cemilan, kebutuhan anak (popok, dsb) , pasokan rumah tangga, produk kesehatan pribadi (handsoap, hand sanitizer, masker, face shield, dan sejenisnya) dan hiburan di rumah.

peluang menambah penghasilan di tengah pandemi

Hasbro Amerika (produsen mainan anak raksasa) mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan paska lockdown di sana.

Selain produk-produk tersebut, produk yang sedang tren adalah minuman kesehatan, makanan ‘ready to cook‘ dan frozen food, perlengkapan sekolah/kantor seperti printer, kursi dan meja belajar, dan laptop meningkat karena sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh dan kantor menerapkan WFH.

Tentunya bukan produk-produk tersebut yang bisa menjadi peluang. Semua produk membutuhkan suplier dan produk pendukung. Semua bahan baku dan produk-produk pendukung juga otomatis meningkat pesat. Seperti penuturan salah seorang rekan saya yang menceritakan tentang seorang pengusaha yang beralih menjadi membuat kardus khusus untuk jualan online agar barang tidak mudah rusak. Printer yang jadi dibutuhkan di rumah berarti membutuhkan kertas dan tinta di rumah. Ini semua menjadi peluang baru yang mungkin dapat Anda manfaatkan.

 

Situation awareness sebagai salah satu subskill Tangguh

Untuk menemukan bisnis yang tepat untuk Anda, Anda tetap perlu melakukan situation awareness dan melakukan pembelajaran kilat (silakan membaca tentang Ketrampilan Tangguh di buku “Tangguh”) untuk dapat menguasai bidang-bidang baru. Trial and error memang tidak dapat dihindari, namun pastikan setiap kesalahan berarti, dan Anda mempelajari solusinya dengan cepat. Adalah penting untuk memilih usaha yang tepat dan feasible untuk Anda jalankan. Dalam kondisi seperti sekarang, kecepatan hampir dapat dikatakan adalah segalanya.

Ini semua adalah solusi yang now and today, yang Anda butuhkan segera demi menyelamatkan keluarga Anda dari kemiskinan.

 

Jawabannya ada di Cash Flow

Usaha Anda terhenti, atau Anda dikeluarkan dari pekerjaan Anda. Namun Anda masih punya cadangan dana yang cukup, artinya ‘napas’ cash flow Anda masih panjang, dan Anda juga sudah jenuh mengerjakan pekerjaan Anda sebelumnya. Mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk melakukan refokus. Napas cash flow yang panjang memberi Anda lebih banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan panggilan dan passion Anda. Dalam hal ini menggunakan 4P sebagai tools akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk menemukan arah dan fokus Anda yang baru.

Anda bisa mendaftarkan kemampuan dan kapabilitas Anda (termasuk bisnis Anda). Tahukah Anda CNN sekarang menawarkan kursus menulis dan desain grafis, dan Elle (majalah fashion) menawarkan kursus bisnis dalam bidang fashion. Mereka semua mempu mengumpulkan kapabilitas mereka dan menggunakannya sebagai cara memperoleh pemasukan di tengah badai. Ini yang dimaksud dengan Proficiency.

Anda bisa mulai mengunjungi kembali passion Anda yang selama ini belum terwujud dan melihat peluang-peluang yang feasible dari sana.

Personality Anda dapat menjadi masukan bila Anda ingin beralih profesi, walaupun bagi Anda yang hanya ingin merubah bidang bisnis Anda, P yang ini harus dilihat dari sudut personality dan cultural value bisnis Anda yang sekarang.

Anda juga perlu merefleksikan kembali jalan hidup Anda alias Path. Dengan mempelajari kembali hal-hal yang pernah diperoleh, pernah dicapai, kegagalan-kegagalan yang berharga, titik-titik balik dalam hidup kita, mungkin kita menemukan remah-remah roti yang disediakan Tuhan untuk menemukan tempat baru bagi kita untuk bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat secara berbeda.

Menelusuri 4P membutuhkan waktu, dan mengambil keputusan dari sana mungkin membutuhkan perubahan, pindah dari zona nyaman, dan hasilnya bisa jadi lebih lama untuk dituai, namun jika itu lebih sesuai dengan panggilan hidup Anda, passion Anda, keberadaan Anda, truly you will live a full live.

 

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share