3 Tips Menemukan Minat Bakat Anda

tips menemukan bakat minat

Pada prinsipnya kita mengetahui bakat minat kita melalui:

  1. Mencoba sebanyak mungkin jenis kegiatan yang berbeda. Minat dan bakat akan suatu bidang baru kita ketahui jika kita sudah mencobanya, bukan sebelum itu. Kuisioner dan test bakat minat bisa membantu, tapi biasanya tidak terlalu spesifik dan tidak 100% akurat, sehingga Anda perlu mengkonfirmasi hasil test dengan mencoba berbagai bidang.
  2. Menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai keahlian dan bidang ilmu, terutama yang menjalankan pekerjaannya dengan passion. Bertemu dengan orang langka seperti ini bisa menularkan passionnya kepada kita. Melihat dan mengamati bagaimana orang bekerja juga dapat memberikan insight baru dan sudut pandang baru yang mungkin menyulut api minat kita dalam bidang tersebut.
  3. Membaca atau menonton film yang menggambarkan suatu keahlian dengan luar biasa. Kalau tidak bisa bertemu dengan orang-orang hebat di poin kedua, Anda bisa membaca buku atau menonton film yang menggambarkan suatu pekerjaan atau keahlian yang luar biasa. Film detektif menginspirasi orang untuk menjadi detektif atau setidaknya berpikir kritis. Menyaksikan cara orang membuat film Star Wars menginspirasi orang untuk membuat film keren serupa.

Tetapi bakat minat barulah satu dua hal yang mengarahkan kita pada tujuan hidup kita, pada visi pribadi kita. Anda butuh menggali 4 hal: passion, proficiency, personality dan path untuk menemukannya. Menggali 4 hal tersebut merupakan kunci menemukan potensi maksimal Anda. (klik gambar di bawah untuk informasi mengenai mencapai potensi maksimum Anda!)

Reaching your Maximum Potential

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  • 2
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Bagaimana pendapat Anda?