Begini Caranya Menghadapi Mantan yang Terus Menggoda Suami

buat mantan cemburu

Bagaimana cara menghadapi sang mantan yang masih terus menggoda suami dengan alasan meminta bantuan?

Terima kasih

Helen (Bukan nama sebenarnya)

Baca juga: 4 Pertanyaan Powerful Bagi Anda yang Diganggu Mantan Pacar yang Sudah Menikah

[JAWAB:]

Dear Helen,

Memang akan sangat menganggu jika ada seorang wanita yang terus menerus minta bantuan kepada suami kita, terlebih lagi jika suami kita pernah berhubungan dengan wanita tersebut. Hal seperti ini dapat menimbulkan kekuatiran dalam diri kita bahwa suami kita bisa CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) dengan mantannya.

Tentunya saya tidak mengetahui apakah wanita itu memang ada maksud atau memang tidak memiliki alternatif pertolongan yang lain, dan saya juga tidak mengetahui bagaimana sikap dan perasaan suami Anda terhadapnya. Namun sama seperti pertemanan dengan lawan jenis mana pun setelah pernikahan, disarankan pertemanan itu harus selalu menjaga batas-batas keintiman sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pasangan di antaranya:

  1. Selalu transparan kepada pasangan, ceritakan apa saja yang dilakukan bersama wanita tersebut, ke mana dan kapan.
  2. Gunakan foto keluarga/pasangan di wallpaper HP, laptop untuk mengingatkan lawan jenis bahwa diri kita sudah menikah
  3. Hindari pergi berdua dengan wanita tersebut, dan hindari keadaan di mana kita hanya berdua dengan lawan jenis di suatu tempat. Ajak teman atau telepon pasangan pada waktu Anda tidak dapat menghindar untuk pergi bersama dia.
  4. Adalah ide yang bagus pula untuk mengajak teman (atau bahkan bersama istri) hadir untuk membantu wanita tersebut. Dengan demikian memperkuat hubungan suami istri dan memberikan rasa percaya pada istri akan komitmen kita.

 

Dalam kasus Anda, Helen, penting sekali untuk memastikan bahwa hubungan Anda dan pasangan tetap terjalin dengan baik (bila diperlukan, Anda bisa cek kesehatan hubungan Anda dengan pasangan di sini: Quiz Kepuasan Pasangan). Cemburu yang membabi-buta akan menimbulkan konflik yang merenggangkan hubungan Anda dengan suami, dan memberikan kesempatan pada si mantan.

Dengarkan saja dahulu cerita suami Anda, dan gunakan Active Listening (penjelasan lengkap active listening ada di seminar/buku saya) dengan bertanya dengan antusias mengenai pengalaman suami membantu mantannya ini. Setelah mendengarkannya, barulah Anda dengan lembut mengatakan bahwa Anda merasa terganggu dengan kehadiran mantan dan katakan bahwa Anda membutuhkan suami Anda untuk bersikap transparan kepada Anda dalam membantu mantannya itu.

Semoga cukup menolong Anda. Salam Pembelajar

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Anda pun dapat bertanya kepada kami seputar masalah cinta/relasi/pasutri dan parenting! Isilah form berikut ini:

  1. Kami tidak akan pernah memberikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain.
  2. Keputusan untuk menjawab atau tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya berada pada Pembelajar Hidup. Kami mengambil keputusan berdasarkan relevansi, kesesuaian pada misi kami serta pada kompetensi kami.
  3. Mengingat kesibukan kami, kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dengan segera.

Seminar 10 Checklist Persiapan Diri untuk Menikah

Bagaimana pendapat Anda?