Tangguh Training Checksheet

tangguh training checksheet

Tahun 1976, Dr. James E. Loehr, seorang atlit yang menjadi seorang psikolog olah raga memulai risetnya yang menggabungkan psikologi dan olah raga. Ia yakin dari pengalamannya sendiri, bahwa emosi yang dialami atlit saat bertanding sangat mempengaruhi performa atlit tersebut.[i]

Selama 6 tahun, Jim (nama panggilannya) melakukan 400 wawancara terhadap atlit-atlit dari 23 cabang olah raga dan menemukan apa yang kemudian disebut sebagai IPS (Ideal Performance State). Ia menemukan benang merah bahwa apa pun cabang olah raga atlit tersebut dan posisi apa pun yang dimainkan sang atlit, mereka semua menggambarkan kondisi internal mereka saat memiliki kinerja yang optimal sebagai rileks, tenang, bersemangat, positif, tanpa upaya (effortless), otomatis, percaya diri, dan fokus. Kondisi emosi ini yang membawa para atlit ke performa puncak mereka, juga merupakan respon terbaik yang dapat dimiliki oleh seorang karyawan dalam kehidupan karir dan pekerjaan ketika menghadapi tekanan pekerjaan.

Ideal performance state (IPS) adalah suatu kondisi pengaktifan kognitif dan fisiologis yang memungkinkan kinerja optimal dari seorang individu[ii]. Saat seseorang mengalami IPS, suatu kesatuan mind-body (pikiran-tubuh) terbentuk sehingga apa yang dilakukan dan dipikirkan merupakan sinergi, dan menyebabkan kemerdekaan dari stres yang dialami, dan membuat kita menjadi TANGGUH.

Hal yang menarik tentang IPS adalah, bahwa kondisi IPS bukanlah kondisi kebetulan yang terjadi tanpa sengaja, bukan juga merupakan kondisi yang tercipta karena insting manusia, melainkan kondisi yang dapat dicapai melalui latihan. Ritual latihan-latihan fisik dan mental setiap hari dibutuhkan agar kondisi IPS dapat dialami setiap saat ia dibutuhkan. IPS adalah suatu keadaan yang dapat dipanggil kapan saja kita membutuhkannya bila kita melatih ketangguhan fisik dan mental kita.

Latihan fisik dan mental setiap hari yang dibutuhkan untuk mencapai IPS dijelaskan melalui Latihan OMIT.

O lah raga

M akan sehat

I stirahat yang sehat

T eduh (waktu teduh – doa dan meditasi)

Untuk dapat melaksanakan latihan OMIT dengan disiplin, Anda memerlukan daftar checklist harian untuk memastikan Anda melakukan latihan-latihan tersebut dan mengevaluasi kegagalan-kegagalan Anda. Download TANGGUH Training Checksheet Anda di sini:

Penjelasan lengkap dari OMIT dapat dibaca di buku TANGGUH yang diterbitkan oleh Gramedia, buku hardcopy dapat dibeli di sini: TANGGUH; 4 Rahasia yang Jadikan Anda Tak Terkalahkan.

[i] Loehr, Stress for Success, h. 58-61

[ii]   Definisi IPS diambil dari kamus APA, situs Americal Psychological Association (APA), https://dictionary.apa.org/ideal-performance-state.

Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?