Pencegahan Virus Corona Dimulai Dari Keluarga

Pencegahan virus corona

Wabah Virus Corona memang tidak dapat dianggap enteng. Hingga hari ini tercatat sudah 170 orang meninggal dunia. Sejumlah 7.864 orang tercatat terinfeksi virus Corona ini hanya di China saja. Maka semenjak virus ini diumumkan oleh WHO pada tanggal 9 Januari 2020, dalam 21 hari, virus Corona telah merengut nyawa rata-rata 8 orang setiap harinya, dan jumlahnya terus meningkat pesat. Bahkan di hari terakhir, terjadi peningkatan 29%, atau 38 orang yang tewas hanya dalam 1 hari saja.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Perlu Mendukung Kesehatan Pernikahan Karyawannya?

Sudah banyak informasi yang beredar mengenai bagaimana cara pencegahan virus Corona ini. Di antaranya:

  1. Menginformasikan kepada teman, saudara, rekan-rekan tentang gejala, tanda dan cara penyebaran virus Corona
  2. Penggunaan masker yang benar
  3. Menerapkan etika batuk
  4. Menyediakan cairan pembersih tangan di titik-titik strategis
  5. Memasak makanan sampai matang
  6. Hidup sehat, istirahat yang cukup, olah raga dan makanan yang bergizi

infografis pencegahan virus corona

Pada prinsipnya, kalau sistem kekebalan tubuh dalam kondisi baik, maka virus ini pun tidak mampu menginfeksi tubuh kita. Namun perlu diketahui bahwa kekebalan tubuh kita dapat menurun bukan karena hal-hal fisik seperti cuaca, gaya hidup sehat, makanan dan lingkungan saja, melainkan juga karena stres.

Elizabeth Bernstein melakukan riset pada tahun 2014 di Amerika Serikat dengan memonitor kadar hormon kortisol (hormon yang menunjukkan stres) pada 122 orang dewasa. Hasilnya ternyata mayoritas responden mengalami stres yang lebih tinggi di rumah.

Tahukah Anda bahwa 3-4 hari setelah mengalami pertengkaran rumah tangga yang besar, suami/istri akan mengalami ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Hal ini terjadi jika pasangan tersebut terlibat konflik yang berkepanjangan selama setidaknya 3 bulan (Journal of Human Stress 13, 1987).

Maka mencegah terjangkitnya penyakit akibat virus Corona, perlu dimulai dari keluarga kita, dari hubungan yang akrab dan intim dengan keluarga. Kesehatan tubuh manusia tidaklah bergantung pada kondisi fisik semata, tetapi juga kondisi emosional.

Maka lakukanlah 5 hal ini untuk mencegah Virus Corona dimulai dari rumah tangga Anda:

  1. Berikanlah waktu sedikitnya 15 menit sehari untuk percakapan intim. Bukalah telinga Anda, dengarkanlah pasangan Anda dan berhentilah memberikan judgement.
  2. Rencanakan, persiapkan dan lakukan hubungan intim secara rutin sedikitnya seminggu sekali.
  3. Aturlah waktu kencan berdua bersama pasangan Anda secara rutin, sedikitnya sebulan sekali.
  4. Berkonfliklah jika diperlukan, tetapi selalu mulailah konflik dengan kata, “saya….”
  5. Bukalah pintu maaf lebar-lebar terhadap apa yang telah dilakukan pasangan Anda. Pasangan Anda memang tidak sempurna, demikian juga Anda. (Uraian lebih lanjut dapat membaca artikel ini: Bagaimana Caranya Untuk Bisa Mengampuni Suami (atau Istri)?)

 

Lakukan 5 hal praktis ini dan dapatkan antibodi yang lebih tangguh untuk menghadapi wabah virus Corona. Saya Deny Hen, Salam Pembelajar.

 

The following two tabs change content below.
mm

Deny Hen

Life & Marriage Coach, founder Pembelajar Hidup, penulis buku, narasumber berbagai media online, cetak dan TV.
Bagikan:
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Bagaimana pendapat Anda?