Coaching FAQ

FAQ

Coaching berdasarkan definisi resmi dari ICF (International Coach Federation), yaitu:

Bermitra dengan klien dalam proses kreatif dan membangkitkan pikiran (thought-provoking) yang menginspirasi klien untuk memaksimalkan potensi pribadi maupun profesional mereka. Coaching sangat penting dalam lingkungan ketidakpastian dan kompleks pada masa kini. Para Coach menghormati klien mereka sebagai para ahli dalam kehidupan dan pekerjaan mereka sendiri, dan percaya akan kekreatifan, kemampuan dan kepenuhan dari setiap klien. Berdiri dari fondasi ini, adalah tanggung jawab Coach untuk:

  • Menemukan, memperjelas, dan mendukung apa yang ingin dicapai oleh klien
  • Mendorong penemuan diri (self-discovery) klien
  • Membangkitkan solusi dan strategi yang dibuat oleh klien sendiri
  • Menjaga pertanggungjawaban klien akan langkah-langkah yang dibuatnya sendiri

Proses ini menolong klien meningkatkan prospek hidup dan pekerjaan mereka secara dramatis, sambil meningkatkan skill kepemimpinan mereka dan membuka potensi mereka.

Anda dapat juga membayangkan proses life coaching seperti proses coaching pada olah raga seperti basket atau bulutangkis misalnya. Di sini atlet akan dilatih terus-menerus oleh seorang coach untuk dapat menjadi olahragawan yang profesional. Demikian juga dalam marriage/relationship coaching misalnya Anda dapat dilatih untuk dapat berkomunikasi secara menyenangkan yang dapat meningkatkan kualitas hubungan cinta Anda satu dengan yang lain.

Life coach yang dimaksud adalah menerapkan keahlian coaching dalam menolong klien yang ingin mencapai kepenuhan hidupnya dalam hal-hal yang bersifat pribadi, dalam setiap fase kehidupan klien seperti menemukan tujuan hidup, karir yang menggunakan potensi maksimal dari diri klien, pacaran dan pernikahan, mendidik anak, dan masalah yang menyangkut kehidupan pribadi lainnya.

Sekalipun spesialisasi yang diambil Pembelajar Hidup adalah Life coach (dan lebih spesifik lagi Marriage coach / Relationship coach), namun professional coaching skill yang dimiliki Pembelajar Hidup pada dasarnya dapat diterapkan kepada semua bidang, baik bisnis, kepemimpinan (leadership) maupun pencapaian tujuan-tujuan lainnya.

Tergantung dari topik atau tujuan yang ingin dicapai. Ada kalanya 1 x pertemuan coaching pun dapat membawa klien kepada AHA moment atau kesadaran diri (self-awareness) yang membantunya mengatasi halangan dalam mencapai tujuan-tujuannya.

Namun untuk mencapai suatu perubahan hidup yang lebih permanen, disarankan pertemuan coaching berlangsung selama tujuan yang diinginkan belum tercapai. Ini berarti bisa sebulan, bisa juga tahunan, selama klien masih merasa memerlukannya. Pada umumnya perubahan kebiasaan memerlukan 12x pertemuan intensif (3 bulan) untuk mendapatkan manfaat yang berarti.

Untuk pertama-tama pertemuan coaching diperlukan secara intensif (seminggu sekali), namun setelah beberapa kali, frekuensi pertemuan dapat dikurangi menjadi 2 minggu atau bahkan 1 bulan sekali, tergantung kebutuhan dan disesuaikan dengan dana yang Anda miliki.

Coaching hanya efektif bagi individu dengan usia minimal 15 tahun, sehat mental, dan tidak sedang memiliki masalah kejiwaan.

Coach kami memegang teguh prinsip kerahasiaan sesuai dengan kode etik yang ditetapkan ICF. Kami tidak akan membagikan identitas klien maupun isi percakapan coaching kepada pihak lain. Namun untuk kepentingan evaluasi, maka informasi nama dan kontak klien (bukan isi percakapan di dalam sesi coaching) dapat dimonitor oleh ICF. Perlu kami tegaskan bahwa TIDAK ada pihak lain yang mendapatkan nama dan kontak tersebut selain ICF sebagai afiliasi kami.

Coaching pada prinsipnya adalah pemberdayaan diri klien. Maka setiap keputusan yang diambil sebagai hasil dari coaching adalah menjadi tanggung jawab dari klien sendiri. Klien sendiri yang bertanggung jawab menjalankan dan mencapai apa yang diinginkannya.

Dalam pengalaman kami, setelah melalui sesi coaching, malah ada klien-klien yang menyadari kekeliruannya dalam menetapkan tujuan atau mimpinya. Justru melalui coaching sang klien menemukan nilai yang lebih tinggi dari apa yang selama ini dia harapkan.

Kami menerapkan biaya Rp 250.000,-/1 sesi dengan durasi 20-60 menit untuk sesi coaching umum, dibayarkan bulanan sebelum sesi coaching kedua setiap bulan. Apabila kapan saja Anda merasa ingin menghentikan sesi coaching, kami akan mengembalikan biaya coaching untuk sesi yang belum dilaksanakan. Pemberitahuan wajib disampaikan paling tidak H-1 sebelum sesi coaching berikutnya.

Tujuan kami membuka layanan coaching adalah untuk menolong Anda yang membutuhkan. Maka apabila Anda memang membutuhkan coaching namun terbentur dengan masalah keuangan, jangan ragu untuk menggunakan jasa kami, kami memiliki pilihan solusi yang dapat Anda pilih agar tetap mendapatkan layanan coaching yang efektif dengan tarif yang terjangkau. Salah satunya adalah Anda dapat mengajak orang lain yang memiliki permasalahan serupa untuk dilakukan group coaching. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

 

Tunggu apa lagi, keputusan maju semua di tangan Anda. Tidak ada orang yang bisa menghalangi Anda untuk bertumbuh dan berkembang meraih kehidupan yang lebih baik dalam segala hal selain diri Anda sendiri. Hubungi kami untuk mendapatkan 1x sesi coaching GRATISSatu klik ini dapat mengubah hidup Anda.

Daftar Coaching

Because everybody 👪 can have a meaningful life

 

 

Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Free coach session